Pada speedometer mobil banyak sekali indikator yang bisa Anda lihat disana, salah satunya adalah indikator Sabuk pengaman (seatbelt). Indikator ini berfungsi memberi tau Anda untuk menggunakan seatbelt (sabuk pengaman) saat Anda mengemudi. Biasanya indikator ini dilengkapi dengan bunyi , jika Anda tidak menggunakan seatbelt. Namun jika tidak ada indikator atau bunyi yang muncul sama sekali , maka sudah dipastikan ada masalah dengan koneksi seatbelt (sabuk pengaman) Anda ke dashboard.

Cara Memperbaiki Sendiri lampu Indikator Seatbelt (sabuk pengaman) mobil yang Mati :

1. Periksa Kabel dan Konektor Seatbelt (sabuk pengaman)

Konektor Seatbelt (sabuk pengaman) biasanya terletak pada bagian kursi pengemudi, tepatnya dibawah kursi pengemudi. Lakukan pengecekan apakah Konektor ini sudah terpasang . Jika sudah terpasang dengan baik namun lampu indikator Seatbelt (sabuk pengaman) tetap mati, coba teliti lagi pada bagian kabel-kabel dibawah kursi pengemudi tersebut , perhatikan dengan seksama apakah ada kabel yang terkelupas atau putus.

Catatan : pada beberapa mobil juga ada konektor pada bagian kursi penumpang , lakukan pengecekan satu persatu jika konektor pada Seatbelt (sabuk pengaman) pada kursi pengemudi tidak ada masalah.

2. Periksa Slot Gesper Seatbelt (sabuk pengaman)

Di dalam gesper sabuk pengaman pengemudi terdapat sakelar yang aktif ketika sabuk pengaman dikencangkan dan dilepas. Komputer mobil akan selalu memantau sakelar dan dapat mengetahui kapan pengemudi tidak mengklik sabuk pengamannya.

Saat Anda menghidupkan mesin, lampu sabuk pengaman biasanya akan berkedip selama beberapa detik bahkan jika sabuk pengaman sudah diamankan. Sebagian besar kendaraan juga menggunakan bunyi sebagai pengingat tambahan untuk menggunakan sabuk pengaman. Jika sabuk pengaman diikat, lampu seharusnya mati. Jika Anda tidak mengikat sabuk tapi indikator tetap mati. Periksa bagian dalam slot gesper ini, kemungkinan ada sisa makanan atau benda lain yang menghalanginya, sehingga mengakibatkan lampu indikator selalu mati. Karena komputer mobil mengganggap Anda sudah memasang sabuk pengaman.

Jika kedua cara diatas belum bisa mengatasi masalah Anda, saya sarankan untuk mendatangi bengkel langganan Anda. Untuk melakukan analisa lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here