Hampir semua ponsel yang kita gunakan saat ini sudah menggunakan touchscreen. Layar Touchscreen ini perlu penanganan yang hati-hati agar tidak mudah rusak. Terlepas dari kerusakan yang tidak disengaja, ada banyak alasan lain yang dapat membuat layar touchscreen error pada sebagian layar dan tidak responsif . Jika Anda pengguna ponsel Android, Touchscreen pada ponsel dapat berhenti merespons atau error dibeberapa area atau pada seluruh layar touchscreen berhenti berfungsi. Masalah layar touchscreen Android adalah cukup umum dialami oleh pengguna dan pada artikel ini kami akan memberikan solusi bagimana Cara Memperbaiki Touchscreen yang error pada sebagian layar, dengan mengikuti tips efektif berikut ini :

Solusi Pertama : Restart Ponsel

Ini adalah metode paling sederhana yaitu dengan me-restart perangkat ponsel Anda terlebih dahulu. Matikan telepon Anda dan tunggu kira-kira 30 detik setelah itu baru Anda hidupkan kembali. Prosedur ini juga disebut dengan siklus daya. Ini akan menghapus semua bug atau gangguan yang terjadi pada sistem operasi maupun perangkat lunak minor. Dalam kebanyakan kasus, langkah ini akan menyelesaikan masalah Touchscreen yang error pada sebaguan layar.

Solusi Kedua : Masuk ke dalam Safe Mode

Jika dengan cara pertama Touchscreen Anda masih error. Coba masuk kedalam  “Safe Mode” dan cobalah apakah touchscreen Anda  berfungsi secara normal. Jika iya, maka bisa dipastikan ada software maupun Sistem Operasi Android pada ponsel Anda yang sedang bermasalah.

Untuk masuk ke “Safe Mode” silahkan lakukan hal berikut.
1. Matikan Ponsel Android Anda.
2. Selanjutnya tekan dan tahan “Power” sampai Anda melihat logo produsen di layar, lalu lepaskan tombol daya.
3. “Cepat” tekan “Volume Turun” dan tahan selama beberapa detik sampai Anda melihat pesan “Safe mode: ON” atau yang serupa.
4. Jika Anda ingin menonaktifkannya, cukup ulangi langkah-langkah di atas, dan Anda harus melihat “Safe Mode: OFF” .

Solusi Ketiga : Periksa Penggunaan Memori

Tidak dapat disangkal  kalau  respons Touchscreen  sangat tergantung pada memori di perangkat ponsel. Jika memori atau RAM perangkat Android hampir penuh, itu pasti akan memberi Anda banyak masalah salah satunya error  pada Touchscreen . Memori digunakan saat menjalankan aplikasi berat sehingga Anda harus menghapus atau ” memaksa berhenti ” untuk membebaskan sebagian memori.

Caranya :

Buka pengaturan> memori pada ponsel .

Klik pada ” Memori yang digunakan oleh aplikasi “. Ini akan menampilkan semua aplikasi dan informasi besaran memori yang digunakan oleh masing-masing aplikasi. Sekarang pilih aplikasi yang tidak Anda gunakan lagi  pilih “paksa berhenti” kemudian Hapus.

Cara Keempat : Aktifkan rendering GPU

Sebagian besar aplikasi dirancang untuk tidak menggunakan rendering GPU yang berarti bahwa aplikasi ini tidak menggunakan prosesor grafis atau perangkat keras untuk meningkatkan visibilitas di layar. Ini juga meningkatkan transisi UI yang pada gilirannya membuat sentuhan lebih responsif.

Untuk mengaktifkan rendering GPU, buka

Pengaturan> Opsi pengembang> Paksa rendering GPU .

Atau Anda bisa download beberapa aplikasi di playstore .

Cara Kelima : Uji Touchpoints dan Kalibrasi Layar Sentuh Android

Ada beberapa titik sentuh pada layar touchscreen. Jika Touchscreen yang error pada sebagian layar, maka Anda harus menguji layar untuk mengetahui area yang rusak. Cara mudah untuk menguji titik sentuh adalah dengan menginstal aplikasi penguji titik sentuh . Aplikasi ini memeriksa area layar dengan mendaftarkan sentuhan jari Anda di layar.

Beberapa aplikasi pengujian touchscreen ini adalah

Download Disini

Untuk cara kalibrasi touchscreen Anda bisa baca artikel sebelumnya pada link dibawah ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here