Biasanya sebuah presentasi di Microsoft PowerPoint pada umumnya disertai dengan banyak gambar, gif, video, bagan, grafik, dan konten lainnya, jadi tidak mengherankan lagi jika Anda mendapatkan beberapa file power point yang cukup besar. Artikel kali ini kami akan memberikan tips : Bagimana cara memperkecil ukuran sebuah file power point.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi ukuran file presentasi di Power Point .

File besar dapat mengganggu. Mereka mengambil banyak ruang pada hardisk Anda, memperlambat kinerja komputer, dan Anda dapat mencegah semua hal ini dengan mengurangi ukuran file presentasi Anda.

Kami telah menyebutkannya sebelumnya, tetapi hal pertama yang Anda pikirkan ketika mempertimbangkan pengurangan ukuran file adalah gambar. File gambar biasanya sangat besar. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi ukuran Power Point :

1. Covert File Presentasi  Power Point Anda ke Format PPTX

Microsoft merilis format PPTX di Office 2007. Namun, tidak jarang kita melihat file PPT tetap dipakai. Jadi apa perbedaan antara file PPT dan PPTX? Versi PPTX menempatkan semua konten dalam presentasi. Jika Anda memiliki file PPT dan mengonversinya menjadi file PPTX, Anda akan melihat penurunan ukuran file yang cukup signifikan.

Cara Mengkonversi file PPT Ke PPTX cukup mudah, Silakan buka file PPT Anda, buka tab >  “File”, dan kemudian klik > “Convert.” > Pilih format PPTX > Save

2. Lakukan Insert gambar Jangan Copy and Paste

Tergoda untuk melakukan copy  paste ?Dengan melakukan copy paste  itu dapat memformat ulang gambar Anda ke BMP atau PNG. Mengapa ini menjadi masalah? Kedua format file tersebut lebih besar dari JPG. Jadi otomatis akan memperbesar ukuran file power point Anda.

3. Covert Semua Gambar yang pada pada File Power Point Anda.

Anda dapat mengkonfersi semua gambar dalam PowerPoint sekaligus. Caranya :
– Buka presentasi Anda, buka tab “File”> dan kemudian pilih “Save As” di panel sebelah kiri.

– Pilih More Options > Save As > Tools > Compress Pictures

4. Tautkan ke File, bukannya Melekatkannya

Pertimbangkan perbedaan ukuran file jika Anda menyematkan seluruh video YouTube di presentasi Anda dan bukannya menautkannya kembali. Menyematkan seluruh video akan secara signifikan meningkatkan ukuran presentasi Anda. Tentu saja ada beberapa manfaat yang berharga ketika menyematkan file vs menautkannya (seperti ketika penerima mungkin tidak memiliki akses internet untuk memutar video), tetapi jika ukuran file adalah masalah, jangan lakukan itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here