Cara Menagatsi Layar Android Tidak Bisa Berputar/ Rotasi (Rotate)

0

Apakah Anda suka menggunakan fitur rotate pada layar ponsel android Anda ? memang fungsi auto rotate ini sangat berfungsi ketika kita suka menonton film dan membaca . karena dengan fungsi rotate ini, ponsel Android Anda dapat secara otomatis menyesuaikan pengaturan layar sesuai dengan posisi ponsel itu sendiri. Untuk contoh, ketika ponsel di pegang secara landscape, maka secara otomatis layar juga menyesuaikan layar dengan tampilan landscape juga.

Namun pada beberapa kondisi, ada beberapa yang menyebabkan fitur ini tidak berfungsi sama sekali. Oleh sebab itu pada artikel ini, kami akan memberikan tips kepada Anda bagaimana cara mengatasi masalah ini dengan cara yang mudah dan efektif.

1. Aktifkan Fitur Auto Rotate

Pada menu notifikasi Anda dapat langsung mengkatifkan fitur Rotasi Otomatis dengan mengklik icon rotate seperti gambar dibawah ini :

Anda juga busa mengaktifkan fitur rotasi otomatis pada menu Pengaturan> Tampilan> Rotasi layar> aktifkan Rotasi Otomatis  

2. Restart Ponsel Android Anda

Jika sudah mengaktifkan fitur Auto Rotate, namun layar masih belum bisa juga rotasi secara otomatis. Cobalah untuk merestart ponsel Anda terlebih dahulu, agar sistem dapat menerapkan pengaturan secara baik.

3. Jangan Sentuh Layar Ponsel Saat Anda Melakukan Rotasi

Jangan sentuh layar layar Android Anda saat Anda melakukan atau merubah posisi layar Anda. Memegang layar sambil memutar ponsel akan membuat fitur Auto Rotasi tidak berfungsi.

4. Kalibrasi G-Sensor

Fitur Auto Rotasi ini menggunakan sebuah sensor pada layar ponsel Anda, jika semua cara diatas belum berhasil. Ada kemungkinan sesuatu yang menyebabkan akselerometer dan G-sensor bermasalah. Ini berpotensi membantu ponsel merespons gerakan memutar tangan Anda dengan lebih baik saat Anda ingin memutar layar. Oleh sebab itu, cobalah untuk melakukan kalibrasi layar dengan cara yang sudah Kami bahas pada artikel dibawah ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here