SBMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.  Seleksi ini dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu mengikuti Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan mendaftar di website SBMPTN secara online.

Adapun beberapa tahapan pendaftaran yang dilakukan pada website  SBMPTN 2019 melalui laman http://sbmptn.ac.id diantaranya adalah :

  • Mengisi Biodata Pribadi (bagi kamu yang sebelumnya sudah mendaftar pada jalur SNMPTN 2019 tidak perlu lagi melakukan tahapan ini).
  • Melakukan pemilihan PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan program studi yang di inginkan.
  • Mengupload portofolio*) bagi kamu yang memilih jurusan pada bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id
  • Mengupload dokumen persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019 seperti pas photo dan lainnya.
  • Mem-Validasi Pendaftaran
  • Pencetakan Kartu ujian SBMPTN

Namun pada tahap-tahap tersebut banyak sekali kendala yang harus kita lalui seperti :

  • Error pada website SBMPTN
  • Tidak Bisa Login
  • Website SBMPTN yang lambat
  • Gagal Mengupload Data SBMPTN
  • Muncul Pesan error 502 Bad Gateway (nginx)
  • Server SBMPTN Penuh
  • Dan error lainnya

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi beberapa error dan masalah yang terjadi pada website SBMPTN :

1. Hindari Mengisi dan mengupload data di Akhir Masa Pendaftaran.

Ini adalah kesalahan yang sering terjadi , yaitu melakukan pengisian data di website SBMPTN di akhir-akhir pengisian . Terlebih lagi 3 hari sebelum masa pengisian data berahir, server SBMPTN sering mengalami masalah dan error yang disebabkan padatnya akses server. Untuk mengatasi hal ini, lakukan pengisian data di tanggal Awal

2. Upload Terlebih dahulu Data dan Dokumen

Begitu tanggal pengisian sudah di buka. Lakukan proses upload data terlebih dahulu. Seperti mengupload pas photo, lampiran prestasi, dan dokumen lainnya. Setelah itu barulah mengisi data yang diminta.

3. Hindari Penginputan data pada jam sibuk

Karena begitu banyaknya peminat SBMPTN , hindari pengisian data pada jam-jam sibuk yaitu pada ( Jam 13.00 s/d 22.00 Wib) . agar Anda bisa melakukan penginputan tanpa kendala.

4. Konfersi File Yang akan di Upload ke ukuran yang lebih rendah

Anda dapat menggunakan aplikasi konfersi online “ Convert Size PDF”  untuk mengurangi ukuran file yang akan di upload. Semakin kecil ukuran yang akan di upload, semakin besar proses upload data berhasil.

5. Gunakan Koneksi Internet yang cepat untuk Mengakses Situs SBMPTN.AC.ID

Tidak hanya masalah server, kecepatan Internet yang kamu gunakan juga mempengaruhi dalam proses penginputan data SBMPTN. Jadi saran kami gunakan koneksi Internet yang cepat dan Stabil.

6. Hindari Penggunaan Smartphone / HP dalam pengisian data SBMPTN

Jangan gunakan HP/Smartphone selama proses penginputan data SBMPTN kamu. Karena website SBMPTN belum terlalu support untuk pengguna HP/Smartphone. Kami merekomendasikan menggunakan Komputer/ Laptop.

7. Jangan Tunda Pengisian data

Jangan tunda-tunda pengisian data SBMPTN, ikutilah jadwal-jadwal yang sudah ditetapkan. Sekali lagi. Hindari penginputan data pada saat pencetakan kartu peserta SBMPTN.

8. Hubungi Panitia Jika Anda mengalami Error, tidak bisa login di Website SBMPTN

Anda bisa menghubungi panitia SBMPTN di no 0804-1-450-450 atau bisa mengirimkan pertanyaan pa da website Hallo SBMPTN disini

9. Cara Memperbaiki Error 502 Bad Gateway nginx pada website SBMPTN

Error 502 Bad Gateway (nginx) pada website SBMPTNadalah error yang disebabkan karena padatnya akses server ke website SBMPTN, cara mengatasi error ini adalah dengan cara merefresh (reload) halam website sbmptn beberapa kali. Jika tidak bisa keluarkan browser Anda terlebih dahulu kemudian akses lagi website SBMPTN.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here