Cara Mengatasi Ada Masalah Saat Mengurai Paket

0

Android saat ini sudah menjadi sistem operasi platform ponsel terbesar di dunia. Dan sudah ada ribuan Aplikasi & Game yang dikembangkan berbasis Android yang semua itu ada di google play store.

Ada beberapa masalah yang cukup umum dialami oleh beberapa pengguna yang melakukan instalasi suatu paket aplikasi atau game melalui file APK, yaitu dengan munculnya error “Ada Masalah Saat Mengurai Paket” saat melakukan instalasi suatu file APK.

Pada dasarnya ini adalah masalah error yang disebabkan oleh sistem keamanan ponsel android Anda sendiri, karena secara default fitur keamanan ini sudah aktif di setiap ponsel Android. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar ponsel android Anda tetap aman.

Apabila Anda sudah yakin file APK yang akan Anda install sudah aman, maka Anda dapat mengatasi masalah error “Ada Masalah Saat Mengurai Paket” dengan cara berikut ini :

1. Aktifkan Fitur Menginstal Aplikasi dari sumber yang tidak dikenal

  • Untuk mengaktifkan fitur Menginstal Aplikasi dari sumber yang tidak dikenal , Anda bisa pergi ke Menu Pengaturan> Keamanan dan aktifkan fitur Sumber Tidak Dikenal (Installing App from unknown sources).
  • Kemudian aktifkan allow from this source (izinkan dari sumber ini)
  • Setelah itu coba kembali lakukan instalasi file APK tadi.

2. Coba Download File APK dari Situs Lain

Jika dengan cara pertama sudah dilakukan dan error tetap saja muncul, kemungkinan besar file APK yang Anda download mengalami kerusakan.

Saran dari Kami cobalah download ulang file APK dari situs lain, dan coba lakukan instalasi ulang. Apakah error masih ada ?

3. Nonaktifkan Fitur Google Play Protect

Jika masalah ini terjadi saat Anda menginstal aplikasi atau game dari google play store, maka ini bisa disebabkan oleh fitur Google Play Protect, jadi cobalah untuk menonaktifkan fitur ini untuk sementara. Untuk caranya ikuti Langkah-langkah berikut :

Berikut adalah cara Nonaktifkan Fitur Google Play Protect :

  • Buka menu Pengaturan di Google Play
  • Kemudian pilih Play Protect
  • Pada Play Protect klik ikon Pengaturan di pojok kanan atas dan Nonaktifkan Scan device for security threats

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini