Jika mobil Anda mengeluarkan bunyi saat di gas atau akselerasi, Mencari tahu sumber bunyi  tersebut  bisa menjadi rumit. Untuk membantu Anda menganalisa penyebab bunyi tersebut, kami telah membuat daftar enam penyebab paling umum dari munculnya bunyi saat di gas. Minimal Anda sudah mengetahui masalah sebelum membawa mobil Anda kebengkel untuk diperbaiki.

Berikut adalah Mobil Berbunyi Saat di Gas :

1. Bahan bakar terbakar secara tidak merata di dalam silinder mesin

Istilah ini juga disebut dengan Knocking , terjadi saat bahan bakar terbakar secara tidak merata di dalam silinder mesin Anda. Jika silinder memiliki keseimbangan udara dan bahan bakar yang benar, bahan bakar akan terbakar dalam kantong kecil yang diatur, bukan sekaligus. Setelah setiap kantong terbakar, ini akan menimbulkan sedikit kejutan, memicu kantong berikutnya dan melanjutkan siklus. Ketukan mesin terjadi ketika bahan bakar terbakar secara tidak merata dan kejutan tersebut berbunyi pada waktu yang salah. Hasil? Kebisingan yang mengganggu dan potensi kerusakan pada dinding silinder dan piston mesin Anda.

2. Ada Masalah pada Belt Tensioners/Pulleys

Sumber penyebab lain dari mobil berbunyi saat digas bisa berasal dari belt. Saat mesin bekerja, belt yang terhubung ke berbagai katrol di seluruh ruang mesin juga akan ikut berputar. Belt ini harus memiliki settingan dan dudukan yang tepat agar dapat berputar dengan mulus dan tanpa mengeluarkan bunyi. Jika sabuk menjadi terentang, penegang tidak berfungsi dengan benar, atau salah satu katrol menjadi bengkok, Anda dapat mendengar bunyi saat mobil di gas.

3. Bantalan Piston yang sudah haus

Saat piston bergerak naik turun di mesin, mereka memutar poros engkol yang pada akhirnya mengirimkan tenaga ke roda. Bantalan batang piston ini memfasilitasi gerakan piston yang mulus, tetapi dapat menjadi aus atau keluar dari posisinya seiring waktu. Saat bantalan aus, piston akan mulai berdetak di poros engkol, menghasilkan bunyi saat mobil di gas. Untuk mengatasi masalah ini, Anda mungkin memerlukan bantalan baru atau perbaikan, yang berarti perbaikan ini membutuhkan waktu yang lama.

4. Ada masala pada Sensor Oksigen

Masalah dengan sensor oksigen, injektor bahan bakar, pompa bahan bakar atau sensor aliran udara massal dapat menciptakan campuran udara / bahan bakar di mesin. Campuran udara / bahan bakar yang tidak memiliki cukup bahan bakar dan terlalu banyak udara. Tanpa bahan bakar yang cukup di setiap silinder, campuran udara dan bahan bakar tidak akan terbakar cukup cepat, memungkinkan terjadinya bunyi saat mobil digas.

5. Pengaturan Timing Yang Buruk

Pada kebanyakan mobil modern, pengaturan waktu mesin – yaitu, pada titik mana busi akan menyala – yang dikendalikan oleh komputer. Namun, jika karena alasan apa pun percikan api dari busi bisa saja tidak menyala dengan tepat sebagaimana mestinya, ini dapat menyebabkan bunyi saat mobil di gas.

6. Anda menggunakan Bahan Bakar dengan kadar Oktan yang Terlalu Rendah

Saat mesin Anda berjalan lancar, campuran udara / bahan bakar terbakar terkontrol di dalam mesin pada setiap silinder. Anda akan mendengar bunyi saat campuran bahan bakar udara di dalam silinder tidak terbakar merata. Jika mobil Anda memiliki mesin dengan performa yang disesuaikan untuk bahan bakar beroktan tinggi, Anda dapat mengalami bunyi bunyian pada mobil saat di gas jika Anda menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan terlalu rendah.

Berita sebelumyaCara Mengatasi Kamera Ponsel Berembun
Berita berikutnyaCara Mengubah Wallpaper Windows 10 tanpa Perlu Aktivasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here