Suara fan atau kipas pendingin yang keras dan berisik dari komputer ataupun laptop dapat disebabkan oleh aplikasi,software,game atau beberapa malware. Kipas komputer/laptop juga bisa berisik karena beberapa masalah perangkat keras seperti banyaknya debu yang menempel atau bahkan sensor fan yang sudah tidak optimal lagi. Bagi Anda yang terganggu dengan suara berisik dari fan laptop atau komputer Anda, solusi di bawah ini akan memberitau Anda bagaimana cara mengatasinya.

1. Periksa Proses Aplikasi

Kipas komputer berbunyi keras, kemungkinan karena proses game atau perangkat lunak pengeditan video kelas atas yang berjalan di komputer Anda. Terkadang, aplikasi berjalan di latar belakang yang tidak kita sadari dan menggunakan prosesor, yang meningkatkan panas di komputer.

Anda dapat mematikan proses ini dari Task Manager.

2. Periksa Malware dan Virus

Malware dapat memanfaatkan semua sumber daya komputer Anda, juga menyebabkan suara keras dari kipas komputer. Anda dapat melakukan scan virus dan malware dengan antivirus.

3. Bersihkan Debu di Kipas/Fan

Komputer atau laptop yang sudah lama dipakai dan jarang dibersihkan, dapat menyebabkan menempelnya debu di kipas/fan laptop.

*Catatan : Bawa ker service komputer bila Anda kurang mengerti dengan perangkat elektronik.

4. Dinginkan PC/Laptop Anda

Jika kipas komputer berbunyi keras hanya karena PC Anda menghasilkan banyak panas, Anda harus mendinginkannya. Cabut semua periferal eksternal yang terhubung ke laptop atau desktop Anda. Lepaskan juga kabel daya jika Anda menggunakan laptop. Setelah semuanya dicabut, matikan komputer dan tunggu selama satu jam.

5. Pastikan Ventilasi Pembuang Panas di Laptop Anda tidak Terhalang oleh Benda Lain

Kipas komputer dapat berbunyi keras jika tidak ada cukup ventilasi yang disediakan untuk laptop atau CPU Anda. Perlu ada aliran udara agar hardware di dalam sistem bisa tetap dingin. Hindari meletakkan laptop Anda di atas bantal, pangkuan, atau permukaan lembut lainnya. Permukaan seperti itu menghasilkan panas, dan aliran udara juga terhalang.

6. Update Driver BIOS dan VGA Anda

Pada beberapa kasus, driver BIOS dan VGA yang sudah lama tidak di update akan bisa menyebabka bunyi bising pada PC/Laptop Anda.

7. Gunakan Aplikasi Control Fan

Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi Control fan seperti Aplikasi Speed Fan atau HW Monitor untuk melakukan pengaturan kecepatan fan laptop/pc Anda.

Berita sebelumyaCara Mengatasi Error your pc ran into a problem and needs to restart di Windows 10
Berita berikutnyaCara Merubah Tampilan Android Menjadi iPhone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here