Cara Mengatasi error code 1401 Printer Canon

0

Masalah terjadinya Error Code 1401 pada Printer Canon adalah ketika printer tidak dapat membaca atau mengenali salah satu cartridge yang terpasang di printer. Bahkan jika Anda lupa memasang cartridge juga akan menampilkan error 1401 ini juga akan muncul.

Sekarang kita anggap semua cartridge printer sudah terpasang semua namun error code 1401 tetap muncul, maka dapat disimpulkan ada masalah pada salah satu atau semua cartridge Anda, dan dari beberapa pengalaman Saya, error ini juga dapat dipicu ketika Anda menggunakan cartridge yang tidak original dan menyebabkan tidak terbacanya cartridge tersebut.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini, Kami akan memberikan tips dan solusi kepada Anda tentang bagaimana Cara Mengatasi error code 1401 Printer Canon.

1. Pastikan Cartridge Printer Sudah Terpasang Dengan Benar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan kartrid sudah terpasang dengan benar, dan untuk lebih memastikannya lagi, cobalah untuk membuka cartridge printer kemudian pasang kembali.

Dan biasanya error 1401 ini dibelangkangnya disertai dengan kode warna cartridge (seperti kode warna cartridge hitam dan cartridge warna) , dan prioritaskan cartridge yang bermasalah.

2. Periksa Apakah ada Kebocoran pada Cartridge

Langkah kedua adalah memeriksa apakah ada kebocoran pada cartridge, coba periksa dengan teliti pada bagian kuningan cartridge . Karena tumpukan tinta ataupun debu bisa menghalangi printer dalam membaca cartridge.

Jika ada kebocoran yang Anda temukan, baca artikel tentang Cara Memperbaiki cartridge printer yang bocor

3.  Bersihkan Tempat Dudukan Cartridge

Setelah cartridge sudah dibersihkan, periksa juga pada tempat dudukan cartridge. Gunakan senter untuk melihat bagian dudukan ini. Bersihkan dengan menggunakan tisu atau bahan lembut lainnya.

Jika semua sudah dibersihkan jangan lupa Cabut kabel Power dan USB Printer, dan diamkan sekitar 15 Menit dan setelah itu coba hidupkan kembali.

4. Coba Gunakan Cartridge lain

Jika Ketiga cara diatas belum berhasil,bila memungkinkan coba ganti cartridge . guna memastikan apakah kerusakan ada pada dudukan cartridge atau pada cartridge.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here