Cara Mengatasi error code 1686 dan 1688 pada Printer Canon

0

Error code 1686 dan 1688 pada Printer Canon adalah sebuah notifikasi atau peringatan kalau tinta pada printer canon Anda sudah hampir habis,  biasanya error seperti ini ada pada semua printer canon yang bertipe inkjet. Yang pada dasarnya notifikasi ini meminta Anda untuk segera mengisi ulang tinta printer.

Biasanya notifikasi lengkap error ini muncul “The ink may have run out” (Check Ink 1686) dan “The ink has run out” (Check Ink 1688) . Walaupun notifikasi yang muncul dapat berbeda-beda, namun cara perbaikannya tetap sama.

Yang jadi masalahnya disini adalah. Bagaimana setelah printer sudah Anda isi tinta, error ini tetap muncul ? Berikut adalah solusi perbaikannya :

1. Tekan Tombol Resume

Solusi pertama ini memang cukup mudah untuk dilakukan,  Jika error ini masih tetap muncul, Anda dapat melanjutkan proses printer dengan menekan dan menahan tombol STOP/RESET/RESUME printer Anda selama lima detik lalu lepaskan.

***Catatan :

Dengan menahan tombol ini selama lima detik akan mengintruksikan kepada printer agar tetap melakukan proses pencetakan walaupun kartrid dalam kondisi sedang hampir habis.  Saran saya segera lakukan pengisian tinta printer.

2. Lakukan Reset pada Printer Canon

Jika cara pertama error masih tetap muncul padahal tinta baru saja di isi, maka solusi berikut nya yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakuran reset pada printer canon Anda. Karena kemungkinan ada bug atau masalah pembacaan level tinta pada printer Anda.

Untuk melakukan proses reset ini, sudah kami bahas pada artikel sebelumnya tentang Cara Reset Printer Canon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here