Cara Instal Windows 11 pada PC/Laptop yang Tidak Didukung

0

Kita semua sudah sama-sama mengetahui, kalau Microsoft membuat persyaratan sistem (system requirements) yang kami rasa itu cukup ketat untuk Windows 11 . Bagi Anda pengguna prosesor Intel windows 11 hanya mensupport generasi 8 keatas, dan untuk bagi para pengguna prosesor AMD dibutuhkan generasi Zen 2 keatas. Untuk daftar lengkapnya Anda bisa baca Daftar Prosesor (CPU) Intel Yang Support Windows 11 Dan Daftar Prosesor (CPU) AMD Yang Support Dengan Windows 11 .

Tetapi sesuai judul di atas, Kami akan memberikan tips bagi Anda agar bisa menginstall windows 11 walaupun PC/Laptop Anda tidak di support / didukung.

Sebelum mulai ke Cara Instal Windows 11 pada PC/Laptop yang Tidak Didukung, bagi Anda yang spesifikasi PC nya memenuhi untuk menginstall windows namun tidak bisa menginstall atau error saat menginstall windows 11, baca artikel sebelumnya tentang  “ Cara mengatasi Error saat Menginstall Windows 11”.

Dan bagi Anda PC/Laptop nya tidak memenuhi spesifikasi coba ikuti langkah langkah dibawah ini :

1. Tekan tombol Windows + R kemudian ketikkan perintah Regedit kemudian tekan Enter

2. Kemudian arahkan pada direktori :

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Setup\MoSetup

3. Pada menu system registry editor klik menu edit > new > dword (32-bit) value

4. Beri nama file :

AllowUpgradesWithUnsupportedTPMOrCPU

5. Selanjutnya double klik pada file AllowUpgradesWithUnsupportedTPMOrCPU yang baru dibuat tadi. Ubah value data menjadi 1 . dan klik OK.

6. Selanjutnya restart PC/Laptop Anda untuk menerapkan pengaturan registry yang kita buat tadi.

Apabila muncul notifikasi , klik saja konfirmasi dan Coba lakukan uji coba update seperti biasa atau bisa juga menggunakan Windows Installation Assistant, apakah PC/Laptop Anda sudah bisa di support oleh windows 11 atau belum ? Jika belum pastikan beberapa pengaturan dibawah ini sudah dilakukan :

Pastikan Anda Sudah Mengaktifkan Fitur Safe Boot dan TPM di BIOS

Lihat juga video tutorialnya dibawah ini :

***Catatan :

Cara ini hanya berlaku bagi Anda yang ingin melakukan upgrade dari Windows 10 ke Windows 11.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here