Cara mengatasi error d3dx9_42.dll

0

Error d3dx9_42.dll terjadi disebabkan oleh masalah pada DirectX, Kita semua sudah tahu kalau DirectX merupakan aplikasi komponen penting yang digunakan saat akan memainkan suatu games, tidak hanya games aplikasi pengolah design grafis pun membutuhkan komponen ini di komputer atau laptop windows.

Untuk error ini ada berbagai macam notifikasi error yang muncul, seperti error D3dx9_42.dll Not Found, The file d3dx9_42.dll is missing, dan notifikasi lainnya. Walaupun pesan error nya berbeda namun untuk mengatasinya tetap sama.

Berikut ini adalah cara mengatasi error error d3dx9_42.dll :

1. Download dan Install DirectX End-User Runtimes

Walaupun Anda sudah pernah menginstall directX sebelumnya, mungkin versi directX yang Anda gunakan tidak support dengan game yang Anda mainkan. Error d3dx9_42.dll dapat diatasi dan diperbaiki dengan menginstal paket DirectX versi End-User .

  • Lanjutkan dengan melakukan installasi, jika proses installasi sudah selesai, jangan lupa untuk melakukan restart pada komputer atau laptop Anda terlebih dahulu.
  • Jika komputer atau laptop sudah direstart, coba buka game yang mengalami masalah error tadi.

2. Copy file d3dx9_42.dll Secara Manual ke Sistem Windows

Jika cara pertama diatas tidak berhasil, Anda dapat memperbaiki masalah error d3dx9_42.dll  dengan melakukan copy ulang file d3dx9_42.dll. Untuk melakukannya ikuti Langkah Langkah dibawah ini :

  • Download terlebih dahulu file d3dx9_42.dll pada link dibawah ini :

Download d3dx9_42.dll (Windows 32 Bit)

Download d3dx9_42.dll (Windows 64 Bit)

  • Jika sudah Ekstrak terlebih dahulu dan copy file d3dx9_42.dll pada direktori :

C:\Windows\System32 ( untuk pengguna Windows 32 bit)

C:\Windows\SysWOW64 ( untuk pengguna Windows 64 bit)

  • Jika sudah, jangan lupa untuk merestart komputer / laptop Anda terlebih dahulu sebelum menjalankan program maupun aplikasi.

3. Update Windows Anda

Solusi ketiga ini bisa Anda lakukan jika kedua cara diatas belum berhasil untuk Anda.ya…Anda dapat melakukan update pada windows Anda terlebih dahulu. Karena dengan mengupdate windows dapat memperbaiki bug yang terjadi pada system windows Anda.

Catatan :

Jika ada pertanyaan lainnya, tinggalkan komentar dibawah ini , kalua bisa dilengkapi dengan kode error yang Anda alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here