Pesan error  Canon E04, E05, E14 dan E15 akan muncul ketika printer inkjet Canon Pixma mengalami kesulitan mengenali Cartridge. Situs resmi Canon sudah menjelaskan tentang error tersebut dengan judul “The FINE Cartridge cannot be recognized” namun pesan error ini juga dapat muncul saat Anda menggunakan Cartridge tinta Canon isi ulang atau remanufaktur (tidak asli). Namun ini tidak berarti Anda harus menggunakan Cartridge Canon baru di printer. Yang Anda perlu tau adalah bahwa printer Anda saat ini sedang mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi Cartridge yang  terpasang sebagai kompatibel.

Printer Canon Anda menggunakan serangkaian kontak berwarna emas di bagian depan Cartridge yang berfungsi sebagai satu-satunya titik kontak dengan kartrid. Jika kontak ini dihalangi oleh kotoran, tinta atau minyak alami dari tangan Anda, hal ini dapat menyebabkan pesan Canon E04, E05, E14 dan E15 ini terjadi.

Apapun masalahnya saya akan merekomendasikan Anda cara pemecahan error Canon E04, E05, E14 dan E15 di bawah ini :

Cara dibawah ini saya asumsikan cartridge Anda tidak rusak atau mati secara elektronik :

  1. Keluarkan kartrid dari printer.
  2. Matikan printer menggunakan tombol di On/Off. JANGAN mematikannya di colokan/ melalui Kabel power .
  3. Periksa label cartridge untuk memastikan cartridge sudah dipasang dengan benar  diprinter Anda.
  4. Bersihkan di bagian depan cartridge (pada bagian tembaga berwarna emas) menggunakan sepotong tisu atau tisu berserat lainnya.
  5. Tekan tombol daya printer (tombol on/off) untuk menyalakannya kembali printer Anda .
  6. Pasang kembali cartridge, pastikan kartrid dikembalikan ke bagian dudukan yang benar.

Sekarang seharusnya cartridge sudah dikenali oleh printer Anda dan Anda akan dapat melanjutkan pekerjaan kembali. Namun jika salah satu pesan E04, E05, E14 atau E15 tetap ada, Anda bisa baca artikel nya disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here