Saat ini, kartu memori sangatlah banyak digunakan pada PC, ponsel Android, head unit mobil, kamera, dan perangkat digital lainnya untuk menyimpan data. Namun terkadang, kartu memori tersebut bisa tidak terbaca sama sekali dan tidak lagi dikenali. Gejalanya bermacam-macam.

Terkadang, kartu memori tidak muncul di ponsel Android atau di Komputer. Terkadang, itu muncul tetapi tidak dapat dibuka. Terkadang, Anda mungkin mendapatkan pesan kesalahan Please insert a disk into removable disk, ‘Ponsel Android tidak dapat menemukan kartu micro SD’ atau ‘Tidak ada media yang valid’. Dalam semua situasi ini, berikut ini kami berikan tips bagaimana cara memperbaiki kartu memori yang tidak dapat terbaca sama sekali .

1. Lakukan Format Ulang pada kartu memori menggunakan komputer atau laptop

Setiap perangkat digital memerlukan format yang berbeda beda, sedangkan kartu memori umumnya memiliki format yang berbeda beda pula diantaranya adalah format NTFS dan FAT 32. Format ini adalah format yang sangat umum digunakan oleh perangkat digital saat ini.

Pada contoh kasus: Jika Anda ingin menggunakan memori di head unit mobil Anda sebagai media penyimpnan lagu padahal memori Anda tersebut masih baru , namun tidak terbaca sama sekali. Pada kasus seperti ini Head unit mobil akan membaca memori dengan format Fat32 saja. Jika Anda menggunakan memori berformat NTFS hal inilah yang menyebabkan memori Anda tidak terbaca.

Untuk itu solusi pertama yang Anda lakukan adalah dengan mengubah format memori dari NTFS ke Fat32.

  • Untuk melakukannya Anda harus menghubungkan kartu memori Anda ke computer atau laptop Anda terlebih dahulu.
  • Anda bisa masuk ke Windows Explorer
  • Klik Kanan pada memori anda dan klik Format
  • Pada File System klik “FAT32”
  • Kemudian klik Start untuk memulai proses format.

***Catatan Penting :

Jika Anda sudah menggunakan format Fat32, coba juga untuk mengubahnya ke NTFS. Dan sebaliknya.

2. Perbaiki Kartu Memori yang Rusak

Jika solusi diatas belum berhasil, maka ada kemungkinan memori Anda menglami masalah seperti system corrupt. Untuk itu Anda perlu melakukan perbaikan ke tahap lebih lanjut yang sudah kami bahas pada artikel sebelumnya dibawah ini :

Tinggalkan komentar pada form dibawah ini disertai informasi perangkat yang Anda gunakan pada memori .

Berita sebelumyaCara Menghilangkan Iklan di hp Android Yang Tiba-tiba Muncul
Berita berikutnyaDaftar Aplikasi Android Anti Sadap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here