Cara Mengatasi Error / Stuck Saat Reset Windows 10 dan Windows 11

0

Salah satu keunggulan Windows 10 dan Windows 11 adalah memiliki fitur Reset PC. Dengan adanya fitur ini memungkinkan kita tidak harus melakukan installasi ulang ketika mengalami masalah error atau sistem windows yang rusak. Namun, tidak seperti yang kita harapkan. Sering kali proses reset ini mengalami masalah saat dalam prosesnya salah satu yang paling umum adalah masalah stuck saat proses reset di angka 1%, 34%, 72%, 99 % dan lainnya.

Untuk penyebabnya, masalah ini mungkin disebabkan oleh kegagalan hardware, software, driver dan lainnya. Oleh sebab itu pada artikel ini kami akan memberikan solusi kepada Anda bagaimana cara mengatasi masalah reset ini.

Berikut adalah Solusi untuk Mengatasi Error / Stuck Saat Reset Windows 10 dan Windows 11 :

1. Tunggu

Ketika Windows 10 ataupun Windows 11 resiko stuck saat proses reset bisa saja terjadi . Yang harus Anda perhatikan adalah melihat lampu indikator LED hardisk , apakah terus berkedip ? jika ia, itu artinya proses reset masih berjalan, lama atau tidaknya tergantung dari banyaknya file dan kemampuan perangkat keras Anda, jadi lama setiap proses reset ini sangat bergantung pada perangkat Anda juga. Dari pengalaman kami proses reset ini dapat memakan waktu beberapa jam.

Jadi, sebaiknya Anda menunggu saja terlebih dahulu.

2. Nonaktifkan koneksi Internet Saat Melakukan Proses Reset

Sebaiknya , Anda mematikan koneksi internet saat melakukan update, hal ini dimaksudkan sistem melakukan update otomatis saat proses reset. Tentu saja proses akan membuat tahapan reset menjadi lebih lama. Solusinya Anda dapat melepas kabel Ethernet (LAN) atau matikan WIFI Router.

3. Installasi Ulang

Jika kedua cara diatas, belum membuahkan hasil, hal berikutnya yang kami sarankan adalah dengan melakukan instalasi ulang Windows Anda. Karena kemungkinan besar ada file sistem windows yang rusak yang mempengaruhi proses reset ini tidak berjalan seperti seharusnya.

4. Periksa Hardisk

Ketika melakukan installasi ulang, tidak berhasil juga. Maka dapat kita simpulkan ada masalah pada hardisk Anda. Jadi, sebaiknya segera backup data Anda dan lakukan pergantian hardisk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here