Cara Mengatasi excel error the operating system is not presently configured to run this application

0

Jika Kamu sering bekerja menggunakan Microsoft office terutama Microsoft excel, mungkin Kamu pernah menjumpai notifikasi error seperti “error the operating system is not presently configured to run this application” dimana error ini berarti, Sistem operasi saat ini tidak dikonfigurasi untuk menjalankan aplikasi Microsoft office yang Anda gunakan. Masalah ini akan muncul setiap kali Anda ingin membuka aplikasi Microsoft Office apa pun.

Pada artikel kali ini, Kami akan membantu Anda untuk memperbaiki masalah ini. Dimana dengan munculnya error ini kita tidak akan bisa membuka Microsoft office, termasuk Microsoft excel. Tapi tenang, kami telah mengumpulkan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah ini.

Berikut ini adalah Cara Mengatasi excel error the operating system is not presently configured to run this application :

1. Install Ulang Microsoft Office Kamu

Disaat saya mengalami masalah seperti ini, hal yang pertama yang saya lakukan adalah melakukan installasi ulang pada Microsoft office yang saya gunakan.

Dan saya cukup beruntung, dengan cara ini sudah berhasil mengatasi masalah error the operating system is not presently configured to run this application. Namun pada sebagian pengguna , cara ini tidak berhasil . Tapi Anda tidak usah kuatir masih ada metode perbaikan lainnya yang bisa Anda lakukan dibawah ini.

2. Update Windows Anda

Jika Kamu menggunakan windows 10, ada kemungkinan ini terjadi karena sistem operasi windows 10 dan versi Microsoft office yang Anda gunakan tidak kompatibel. Terlebih lagi jika Anda belum menggunakan versi Windows 10 yang terbaru.

Dimana dengan versi update yang terbaru ini, banyak sekali paket perbaikan update yang tersedia.

Jadi saya sangat menyarankan untuk melakukan update terlebih dahulu pada windows 10 Anda.

3. Gunakan Versi Microsoft Office Lain

Terlepas dari masalah bisa atau tidak nya Anda melakukan update pada windows 10. Jadi saya anggap saja Anda tidak bisa melakukan update Windows 10 saat ini. Untuk solusinya Anda bisa menggunakan versi Microsoft office yang lebih lama.

Misalkan :

Jika error the operating system is not presently configured to run this application ini terjadi pada Microsoft office 2016. Cobalah untuk menggunakan Microsoft office 2013.

4. Lakukan perbaikan otomatis pada seluruh sistem dan aplikasi yang terinstall

Anda dapat melakukan erbaikan secara otomatis pada windows 10 dengan cara :

  • Tekan tombol Windows + R ketikkan CMD kemudian klik OK
  • Pada command prompt ketikkan perintah :
sfc /scannow
  • tunggu proses perbaikan sampai selesai dan akhiri dengan merestart komputer Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here