Cara Mengatasi HP/ Ponsel Baterai Tanam yang Tidak Bisa di Cas Pada Semua Ponsel

0

Rata-rata baterai HP / Ponsel saat ini sudah menggunakan baterai tanam. Ada plus dan minus dalam penggunaan baterai beterai tanam ini. Salah satu kekurangannya adalah agak susah melakukan troubleshoot atau perbaikan ketika menghadapai masalah, salah satunya adalah ketika ponsel yang tidak bisa di cas. Pada ponsel baterai biasa, kita bisa mencopot baterai dan melakukan pengetesan tapi kalau pada ponsel dengan baterai tanam mungkin caranya agak susah.

Oleh sebab itu pada artikel ini, kami akan berbagi cara kepada Anda bagaimana dan langkah-langkah Mengatasi HP/ Ponsel Baterai Tanam yang Tidak Bisa di Cas.

1. Periksa port dan Charger apakah ada Air atau Karat

Hal yang pertama bisa Anda lakukan ketika menghadapai masalah seperti ini adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian port charger apakah ada karat atau air ? Karena karat atau air dapat menghalangi arus listrik untuk mengisi baterai. Jadi pastikan ini terlebih dahulu.

2. Periksa kepala charger atau pin apakah ada patah atau tertutup oleh debu/ kotoran

Kedua periksa kepada charger Anda terlebih dahulu, pastikan bagian tembaga tidak ada yang patah, lecet atau adanya penumpukan debu. Lakukan pengecekan ini pada port charger ponsel Anda dan kepala charger Anda.

Jika ada kotoran cobalah untuk bersihkan dengan kapas dengan lembut dan hati hati, dan jangan sampai merusak tembaga charger.

Setelah itu coba hubungkan charger, apakah sudah bisa ? jika belum, coba gunakan charger lain dengan spesifikasi yang sama.

3. Lakukan Soft Reset

Matikan HP/ Ponsel Anda, kemudian tekan dan tahan tombol Power selama 5-10 detik.

Jika perangkat menyala, tetapi tidak dapat mengisi daya, kemungkinan ada masalah pada siklus daya di hp/ ponsel Anda, coba cas ponsel Anda dalam keadaan mati selama 10-30 menit, dan kemudian coba hidupkan kembali.

4. Coba Lakukan Cas ponsel Anda dengan kabel USB Menggunakan Laptop/ PC

Cobalah untuk melakukan pengecasan pada ponsel Anda di PC / Laptop dengan menggunakan kabel USB. Jika ternyata bisa da nada notifikasi pengisian daya. Maka kemungkinan besar ada masalah pada adaptor ponsel Anda.

Coba gunakan adaptor lain atau ganti adaptor charger Anda sesuai spesifikasi ponsel.

5. Lakukan Perbaikan Lanjutan

Pada artikel sebelumnya kami juga sudah pernah membahas tentang masalah ini, namun topiknya lebih kepada ponsel dalam keadaan sudah mati. Anda bisa artikelnya terlebih dahulu dibawah ini :

6. Bawa Ke Service Center

Jika semua cara diatas belum berhasil, ada kemungkinan masalah pada komponen charger di ponsel Anda. Untuk ini saya lebih menyarankan untuk dilakukan oleh orang yang lebih professional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here