Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkunci

0

Ada beberapa alasan dan masalah yang dapat memicu masalah pada keyboard keyboard laptop yang terkunci atau tidak bisa diketik apapun. Dan salah satu alasan umum terjadinya masalah ini adalah ketidak sengajaan Anda dalam menekan kombinasi tombol keyboard yang dapat menyebabkan keyboard Anda hibernasi , tidak hanya itu masalah laptop yang freeze (hang) juga bisa menjadi masalahnya, dan beberapa penyebab lainya.

Pada artikel ini, kami akan cara mengidentifikasi dan mengatasi masalah keyboard laptop yang terkunci secara akurat dan mudah untuk dilakukan. Berikut adalah perbaikanya :

1. Matikan Fitur Filter Keys

Pada laptop biasanya memiliki fitur yang bernama Filter Keys , ini adalah fitur yang ada pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, baik itu windows 10, windows 11 dan windows lainya. Fitur ini dapat memperlambat kecepatan pengulangan keyboard, hal ini sering terjadi jika Anda sering menggunakan mobinasi atau shortcut saat menggunakan keyboard.

Oleh sebab itu, Anda dapat menonaktifkan fitur ini dengan menekan tombol Shift selama 10 detik. Setelah itu, Anda akan mendengar bunyi bip dan pesan singkat akan berkedip di layar. Jika Anda secara tidak sengaja mengaktifkan Tombol Filter, itu bisa menjadi penyebab keyboard Anda terkunci dan tidak berfungsi.

2. Restart Laptop Anda

Solusi kedua ini adalah solusi yang mudah namun cukup efesien untuk dilakukan. Dengan merestart Laptop Akan dapat menyegarkan dan memperbaiki beberapa bug atau masalah yang sedang terjadi. Termasuk masalah keyboard yang terkunci.

Catatan :

Jika Anda juga tidak bisa mengklik apapun, termasuk merestart Laptop. Kemungkinan besar laptop Anda mengalami Hang/ Freeze/ Stuck. Jadi, solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mematikan paksa laptop Anda dengan menekan tombol Power laptop beberapa detik, sampai laptop Anda mati. Dan setelah itu hidupkan kembali seperti biasa.

3. Bersihkan dan Periksa Keyboard Laptop

Keyboard laptop, adalah salah komponen dari laptop yang sering digunakan. Karena sering digunakan, keyboard sangat rentang kemasukan kotoran, debu dan benda lainnya, yang tentunya dapat menyebabkan laptop terkunci dan tidak berfungsi .

Cobalah untuk memeriksa, apakah ada benda yang menghalangi beberapa tombol di keyboard Anda. Jika ada segera bersihkan.

4. Install Ulang Driver Keyboard

Anda dapat menghapus driver keyboard di device managaer, dan setelah itu dapat menginstal nya kembali secara manual. Dan saran saya download dan gunakan driver keyboard yang terbaru.

5. Periksa Kerusakan Keyboard

Periksa apakah keyboard laptop Anda rusak atau tidak. Cara termudah dan efesien untuk melakukan pengecekan apakah laptop Anda rusak atau tidak, dapat menggunakan keyboard ekternal dan menyambungkanya ke USB.

Jika keyboard ekternal berfungsi di laptop Anda, maka kemungkinan besar ada masalah keyboard Anda. Sebaiknya, Anda segera melakukan perbaikan atau mengganti keyboard laptop Anda.

Baca Juga : Daftar Harga Keyboard Berbagai Merek

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini