Cara Mengatasi Masalah “Wi-Fi Doesn’t Have a Valid IP Configuration” di Windows

0

Koneksi WIFI adalah jaringan yang internet yang cukup popular dan paling banyak digunakan oleh pengguna ponsel, Laptop, PC , Smart TV dan perangkat lainya. Karena koneksi yang cepat dan relatif mudah karena WIFI biasanya tersedia ditempat-tempat umum , seperti di caffe, kampus, sekolah, kantor dan tempat publik lainya.

Akan tetapi ada beberapa pengguna yang mengeluhkan munculnya notifikasi error “Wi-Fi Doesn’t Have a Valid IP Configuration” saat terkoneksi dengan WIFI, dan akan menyebabkan WIFI tidak terhubung ke internet.

Jika saat ini Anda juga mengalami masalah yang sama, berikut adalah solusi perbaikan yang bisa Anda lakukan :

1. Restart PC /Laptop/ Ponsel Anda

Solusi sederhana yang pertama adalah dengan melakukan restart pada perangkat Anda. Dengan melakukan restart dapat memperbaiki bug sistem yang terjadi, termasuk masalah “Wi-Fi Doesn’t Have a Valid IP Configuration” ini.

2. Nonaktifkan Aplikasi VPN Anda

Jika Anda menggunakan aplikasi VPN jangan lupa untuk menonaktifkannya untuk sementara, kemudian putuskan koneksi dengan WIFI yang bermasalah, kemudian hubungkan kembali.

Jika pesan error “Wi-Fi Doesn’t Have a Valid IP Configuration” sudah tidak ada lagi, barulah coba untuk mengaktifkan kembali aplikasi VPN Anda.

3. Reset TCP/IP Menggunakan Windows Terminal

Klik kanan pada Menu Start kemudian pilih Windows Terminal (Admin)

Pada windows terminal ketikkan perintah :

netsh int ip reset

Tunggu proses reset sampai selesai dan coba cek apakah error masih ada ?

4. Lakukan Forget Network dengan Koneksi WIFI

Forget artinya melupakan, artinya komputer / ponselAnda akan memutuskan jaringan dengan koneksi WIFI yang bermasalah, kemudian lakukan koneksi ulang, agar komputer/ponsel mendeteksi seperti awal mula WIFI di koneksikan ke WIFI tersebut.

Untuk Caranya sudah pernah kami bahas pada artikel sebelumnya pada link dibawah ini :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini