Cara Mengatasi RPC Connection Error

0

RPC adalah kepanjangan dari Remote Procedure Calls, dan ini merupakan salah satu komponen system dari sistem operasi windows. Masalah RPC Connection Error dapat disebabkan oleh masalah fungsi layanan RPC pada setiap komputer yang terhubung. Apabila saat ini Kamu juga sedang mengalami masalah error ini, tidak usah kuatir, karena ini merupakan masalah yang cukup mudah untuk diperbaiki. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memastikan bahwa semua layanan yang terkait dengan RPC berjalan normal

Error ini terkadang juga muncul dengan notifikasi yang berbeda, seperti RPC server is unavailable error. Walaupun notifikasi yang muncul dapat berbeda-beda, tapi solusi dan tahap perbaikanya tetap sama.

Berikut ini adalah Cara Mengatasi RPC Connection Error :

1. Perbaiki Sistem Service dan Komponen RPC

Solusi pertama ini, kamu harus memastikan kalau semua komponen service yang berhubungan dengan RPC ini berjalan normal, untuk caranya, ikuti langkah langkah dibawah ini :

  • Tekan tombol Windows + R , kemudian ketikkan perintah :
Services.msc
  • Kemudian tekan tombol Enter atau bisa klik OK
  • Kemudian cari System Service yang Bernama :
DCOM Server Process Launcher
Remote Procedure Call (RPC)
RPC Endpoint Mapper
  • Caranya , Klik kanan pada salah satu system service diatas, pilih Properties dan pastikan pada bagian startup type adalah Automatic.

Catatan :

Jika ada salah satu komponen diatas dengan status startup type nya Disable atau Manual, ubahlah menjadi Automatic. Dan setelah itu restart PC/ Laptop KAmu.

2. Nonaktifkan System Firewall

Jika cara pertama diatas belum menyelesaikan masalah, maka Kamu perlu untuk menonaktifkan system firewall windows untuk sementara waktu. Untuk caranya baca artikel sebelum nya tentang Cara Mematikan Security dan Firewall di Windows 10

3. Aktifkan File and Printer Sharing for Microsoft Networks dan IPv6

  • Tekan tombol Windows + R , kemudian ketikkan perintah :
ncpa.cpl
  • Kemudian tekan tombol Enter atau Klik OK
  • Klik kanan pada Ethernet Card yang Aktif dan yang Anda gunakan kemudian pilih Properties
  • Dan pastikan sudah di centang pada File and Printer Sharing for Microsoft Networks dan Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6).
  • Klik OK, dan Restart PC/ Laptop Kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here