Jika Anda mengalami masalah audio yang tidak berbunyi di windows 10. Saran berikut mungkin bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Tidak ada bunyi sama sekali di komputer? Anda harus terlebih dahulu memeriksa koneksi speaker dan headphone Anda dan melihat apakah beberapa kabel audio longgar atau terhubung ke jack yang salah. Ini adalah langkah yang cukup mendasar dan paling pertama untuk memperbaiki masalah audio di Windows 10. Selanjutnya adalah periksa level volume Anda dari ikon audio, dan jangan lupa untuk memeriksa level volume speaker eksternal Anda. Terkadang speaker eksternal Anda mungkin menjadi alasan mengapa Anda menghadapi masalah suara di Windows 10.

Jika semua sudah dipastikan tidak ada masalah sound masih ada, ikuti langkah-langkah perbaikan lebih lanjut dibawah ini :

1. Set Audio Menjadi Default

Jika Anda menyambungkan ke perangkat audio seperti headphone atau speaker menggunakan USB atau HDMI, Anda mungkin perlu menyetel perangkat itu sebagai perangkat audio default. Beriku adalah langkah-langkahnya :

Buka control panel> Hardware and Sound > Sound> pilih tab Playback, klik kanan pada daftar list audio Anda ,dan pilih Set as Default Device, dan klik OK.

2. Restart Service Audio

  • Tekan tombol Windows + R kemudian ketik services.msc
  • Cari Windows Audio dan Klik Kanan dan pilih Restart

3. Install Codec

Anda dapat mendownload codec pada link dibawah ini :

https://codecguide.com/download_kl.htm

4. Jalankan audio troubleshooter di Windows 10

Windows 10 dilengkapi dengan beberapa fitur pemecah masalah yang berspesialisasi dalam menemukan dan menyelesaikan masalah pada perangkat Anda. Untuk masalah audio, cara menggunakan troubleshooter ini adalah :

Pada menu taskbar klik kanan icon audio > kemudian pilih Troubleshoot sound problems

Tunggu proses perbaikan yang dilakukan secara otomatis sampai selesai.

5.  Update Driver Audio Anda

Untuk solusi kedua ini, pastikan komputer/laptop Anda sudah terkoneksi dengan Internet. Karena proses update akan dilakukan secara online. Untuk proses update otomatis ini, ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Klik kanan pada menu Start > kemudian pilih Devices Manager

Cari dan pilih Sound, video and game controllers >  Klik kanan pada merk Audio > kemudian pilih Update Driver

Selanjutnya > Pilih Search automatically for updated driver software

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here