Apa itu Cache pada Android ?

1

Cache pada Android adalah informasi dari situs web atau aplikasi yang disimpan di perangkat Anda untuk mempercepat proses penelusuran . Data yang di-cache menghemat waktu pemuatan, meskipun menambah ruang memori pada perangkat android Anda. Oleh karena alasan ini, mengapa kita lebih sering direkomendasikan untuk membersihkan cache pada suatu aplikasi android Anda sesering mungkin, untuk menghemat memori.

Data Apa Saja yang di Cache ?

Data yang di cache adalah file, gambar, skrip yang disimpan secara otomatis di ponsel Android Anda ketika Anda menjelajah internet. Caching membantu mempercepat proses penjelajahan dengan membuat elemen-elemen sudah tersedia saat Anda mengakses lagi situs web tertentu.

Manfaat Menghapus Cache pada Ponsel Android

  • Dalam jangka pendek, membersihkan cache membantu Anda menghemat ruang penyimpanan di ponsel Android Anda. Tapi ini adalah solusi sementara, karena file cache baru dibuat setiap kali Anda menggunakan suatu aplikasi.
  • Terkadang, file cache yang sudah lama bisa rusak. Ketika ini terjadi, aplikasi dapat mengalami masalah. Menghapus file cache dapat mengatasi masalah pada suatu aplikasi di Android.
  • File cache lama berpotensi menimbulkan ancaman keamanan dan privasi. Halaman web yang di cache di browser Anda mungkin berisi informasi sensitif. Jika orang yang tidak berwenang mengakses file-file ini, mereka dapat mencuri data detail pribadi Anda. Dengan menghapus cache akan meminimalisir resiko ini.
  • Jika browser atau aplikasi di Android mengalami error dengan membersihkan cache dapat mengatasinya.

Haruskah Anda Menghapus Cache di Android Secara teratur?

Sekarang Anda tahu manfaat membersihkan cache, Anda mungkin berpikir Anda harus menghapus cache secara teratur pada suatu jadwal. Tetapi ini sebenarnya kontra-produktif. Ingatlah bahwa file cache melayani tujuan yang berguna untuk mempercepat akses ke konten maupun sebuah aplikasi .

Itu sebabnya bukan ide yang baik untuk terus-menerus menghapus file. Android sudah memiliki mekanisme bawaan untuk menghapus file yang tidak digunakan yang biasanya bekerja cukup baik. Saya menyarakan untuk menghapus file cache ketika Anda mengalami :

  • File cache aplikasi mengalami kerusakan, sehingga menyebabkan aplikasi error.
  • Anda ingin menghapus file yang berisi informasi pribadi untuk melindungi privasi Anda.
  • Anda kehabisan ruang penyimpanan di ponsel Anda .

Untuk cara menghapus cache pada ponsel Android sudah dibahas pada artikel sebelumnya disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here