Cara mengatasi stik android yang error atau tidak bisa terhubung

0

Ada dua macam jenis stik game pada ponsel android yang umum dan sering digunakan oleh orang yaitu stik Wireless/ Bluetooth atau USB/OTG. Dan pada setiap perangkat android yang akan dihubungkan dengan stik, tidak jarang orang mengalami masalah atau error. Error ini mungkin saja disebabkan karena implementasinya yang salah atau kurang tepat.

Berikut ini adalah cara mengatasi stik android yang error atau tidak bisa terhubung :

1. Pastikan Ponsel Android dan Stik Anda sudah terhubung dengan benar

Seringkali masalah error pada stik android disebabkan karena masalah konfigurasi yang dilakukan tidak benar, untuk memastikkannya Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu.

  • Jika Stik Anda menggunakan Wireless/ Bluetooth , Anda bisa pergi ke menu Settings > Connected devices > Connection preferences > Bluetooth di ponsel Android Anda. Dan pastikan kedua perangkat sudah saling terhubung.
  • Jika Stik Anda menggunakan koneksi kabel OTG Anda dapat membaca artikel sebelumnya tetang Cara Memperbaiki Kabel OTG tidak Terhubung/ Connect ke perangkat/ tablet Android :

2. Gunakan Aplikasi Gamepad tester

Aplikasi Gamepad tester ini dapat Anda gunakan untuk memeriksa dan mengonfigurasi stik pada ponsek Android. Anda juga dapat mengkonfigurasi ulang tombol dan sumbu menggunakan fitur file .kl .Gamepad dan mendukung koneksi Bluetooth maupun OTG.

  • Download terlebih dahulu aplikasi Gamepad tester pada link dibawah ini :
Klik Gambar Untuk Mendownload
  • Setelah proses download selesai, lanjutkan untuk membuka aplikasi.

Disana Anda dapat melihat koneksi stik ponsel Android Anda, Disana Anda dapat melakukan pengetesan dan konfigurasi.

***Catatan : Jika semua cara diatas belum berhasil, Anda dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini, kalau bisa sertakan screenshoot dan pesan error yang terjadi, agar kami lebih mudah membantu masalah error yang Anda alami. Semoga Membantu !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here