Cara mengatasi viu error a0001

0

Viu ada sebuah aplikasi layanan video streaming yang cukup populer di Indonesia. Aplikasi ini dapat diakses secara mudah dari aplikasi android, iOS atau bahkan via browser.
Sama seperti layanan streaming lainya, viu juga sering mengalami beberapa masalah. Satu masalah yang belakangan ini cukup sering terjadi adalah error a0001.
Kode error a0001 sendiri adalah sebuah kode error teknis yang memberikan informasi bahwa sedang ada terjadi masalah teknis dari penyedia layanan , disini boleh kita sebut ada problem dari pihak viu itu sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan juga , ini juga ada masalah dari sisi pengguna / user.
Berikut ini adalah cara mengatasi viu error a0001 :

1. Bersihkan cache dan data viu ( untuk pengguna ponsel android)

Jika error ini terjadi pada ponsel Android Anda, solusi pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pembersihan cache pada aplikasi viu, caranya adalah sebagai berikut :
• Pergi ke menu Pengaturan> Aplikasi > Viu
• Kemudian pilih Penyimpanan lalu bersihkan Cache dengan menekan tombol “ Clear Cache
• Jika sudah restart dan coba buka kembali aplikasi Viu.

2. Update aplikasi Viu ke Versi terbaru (untuk tv, android & iOS)

Solusi selanjutnya adalah dengan melakukan update aplikasi viu ke versi yang terbaru.
Dengan melakukan update ini dapat memperbaiki semua jenis masalah teknis yang sedang Anda alami, karena pada setiap paket update baru pada sebuah aplikasi. Disana akan terdapat beberapa paket perbaikan dan fitur baru.

3. Hapus dan Instal Ulang Aplikasi Viu ( untuk tv, Android & iOS)

Cara ketiga ini adalah dengan menghapus dan menginstall ulang aplikasi viu di perangkat Anda.
Catatan :
Jika ini terjadi pada TV android/ smart TV, jika tidak ada update yang tersedia. Saran dari saya adalah dengan menginstall secara manual langsung melalui file APK Viu. Biasanya pada perangkat tv , paket update biasanya agak terlambat.

4. Cek Server Viu

Perbaikan selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan gangguan atau maintenance yang sedang terjadi pada aplikasi Viu. Percuma ketiga cara di atas Anda lakukan jika pada server Viu memang ada kendala atau maintenance.
Untuk melakukan pengecekan server Viu Anda bisa buka situs Uptime

5. Laporkan masalah ini ke langganan teknis aplikasi Viu

Jika semua cara diatas error a0001 masih muncul pada aplikasi viu, Anda dapat melakukan pengaduan ke email : Enquiry.id@viu.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini