Cara Mengatasi Volume HP Android Naik Turun Sendiri

0

Bagi Anda pengguna ponsel Android mungkin mengalami masalah dimana volume ponsel Anda naik turun sendiri , padahal tombol volume tidak ditekan sema sekali. Jika pernah, ternyata bukan Anda saja yang mengalami masalah ini, cukup banyak pengguna hp android yang mengalami masalah ini.

Untuk penyebab masalah, ada beberapa alasan yang memicu terjadinya hal tersebut. Dimana diantara penyebab masalah dan cara memperbaikinya akan kita bahas pada artikel ini.

Berikut ini Adalah Cara Mengatasi Volume HP Android Naik Turun Sendiri

1. Headphone atau Headset Yang Tidak Kompatibel atau Rusak

Kita mulai menganalisis dari hal yang mudah terlebih dahulu. Apakah volume naik turun ini terjadi hanya pada saat Anda memasang headset ?

Perbedaan komponen elektronik pada headset dan ponsel, dapat menyebabkan ponsel Android menganggap bahwa ia menerima sinyal volume turun atau sebaliknya.

Solusinya, coba lepas headset Anda apakah volume tetap naik turun ? Jika memungkinkan coba gunakan headset lain. Atau Anda bisa memeriksa pada port headset / Jack audio di ponsel Anda apakah ada debu atau benda asing lainya yang terperangkap pada lubang port? Jika ada segera bersihkan port audio dengan menggunakan bahan yang lembut.

Jika masalah tetap ada , kemungkian ada kerusakan pada headset atau port audio Anda.

2. Nonaktifkan Mode Do Not Disturb

Masalah Volume naik dan turun lainya adalah Anda secara sengaja atau tidak sengaja mengaktifkan fitur Mode Do Not Disturb.

3. Anda Menggunakan Thema Yang Tidak Sesuai

Mengubah thema memang dapat mempercantik tampilan ponsel Anda, akan tetapi pada beberapa kasus , thema biasanya disertai dengan pengaturan suara dan bunyi . Tentu saja ini dapat mempengaruhi dari pengaturan volume Anda.

Terlebih lagi jika Anda memasang thema yang tidak disupport untuk ponsel Anda, atau Anda melakukan pengaturan yang salah dalam penerapan thema.

4. Aktifkan Fitur Audio Mono

Catatan :

Tidak semua ponsel android memiliki fitur Mono ini, namun Anda dapat melakukan pengecekan dan mengaktifkan fitur ini , dengan cara dibawah ini :

Pergi ke menu Settings > Accessibility > Hearing> Aktifkan Mono audio

5. Nonaktifkan Fitur Perlindungan Volume

Pada beberapa ponsel Android memiliki fitur perlinduangan suara, dimana fitur ini akan memberikan peringatan kepada Anda jika volume suara yang Anda atur terlalu keras. Fitur ini juga dapat memicu terjadinya volume yang naik turun.

Dan jika kondisi itu terjadi maka, fitur perlindungan otomatis ini akan menurunkan pengaturan volume Anda. Anda dapat menonaktifkan fitur ini di pengaturan suara ponsel Anda.

6. Update Sistem Operasi Ponsel Anda

Kemungkinan besar lainya masalah ini dapat dipicu karena adanya bug pada sistem operasi Anda.

Dengan melakukan update dapat mengatasi masalah seperti ini.

7. Komponen atau Tombol Volume Anda Rusak

Tombol volume yang rusak juga dapat memicu terjadinya masalah seperti ini. Apalagi sebelumnya ponsel Anda pernah kemasukan air.

Saran dari saya, bawa ke service center untuk melakukan pengecekan.

8. Lakukan Reset Factory

Sebelum melakukan reset factory, lakukan backup terlebih dahulu pada data yang ada di dalam ponsel Anda. Karena proses reset ini akan menghapus semua data Anda, dan membuat ponsel kembali ke pangaturan pabrik, persis seperti saat Anda membelinya dulu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini