Cara Memperbaiki Speaker Aktif Tidak Ada Suara

0

Jika Anda pengguna speaker aktif mungkin pernah mengalami beberapa masalah, salah satu diantaranya adalah speaker aktif tidak mengeluarkan suara sama sekali. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa langkah pemecahan masalah umum pada speaker aktif . Masalah speaker aktif  tanpa suara, Anda mungkin dapat memperbaiki masalahnya sendiri dengan tips pemecahan masalah speaker yang tepat.

Oleh sebab itu pada artikel kali ini kami akan memberikan tips kepada Anda bagaimana cara memperbaiki sendiri speaker aktif tidak ada suara :

1. Periksa sekring Speaker

Pada speaker aktif jenis tertentu memiliki soket sekering yang terletak di dekat soket colokan listrik. Jika spesifikasi sekering tidak terletak langsung di amplifier speaker aktif Anda, tanyakan kepada pabrikan untuk mendapatkan spesifikasi jenis sekering yang akan digunakan.

Dalam beberapa kasus sekering ini dapat terjepit ke dalam soket listrik untuk mengamankannya Anda bisa menggunakan obeng pipih untuk memperbaikinya.

2. Pastikan Volume Tidak di Mute / Volume Rendah

Ini adalah masalah sepele, namun tetap harus Anda perhatikan. Tekan tombol Volume Naik pada remote control atau dari tombol volume, dan periksa juga tombol mute.

3. Coba Ganti Kabel Audio

Jika Anda menghubungkan speaker aktif ke perangkat pemutar music seperti CD, Komputer, Ponsel, Laptop dan lainnya menggunakan kabel audio, cobalah periksa kabel audio tersebut. Jika memungkinan coba lakukan tes dengan kabel audio lain. Jika suara muncul, sudah dipastikan ada masalah pada kabel audio Anda.

Catatan : Periksa juga posisi kabel penghubung, apakah sudah tepat dan terhubung dengan sempurna.

4. Pastikan Konfigurasi Audio Sudah Benar

Pastikan pengaturan output audio TV Anda sesuai dengan pengaturan input soundbar dan pastikan tidak ada yang dibisukan atau volume terlalu rendah. Jika menggunakan kabel audio 3,5 mm atau RCA, pastikan opsi menu audio TV diatur ke RCA atau Auxiliary Audio Out. Ujung lain dari kabel audio harus dicolokkan ke input audio/tambahan soundbar.

5. Apakah Anda menggunakan Koneksi Bluetooth ?

Jika Anda menghubungkan speaker aktif Anda menggunakan koneksi Bluetooth, coba lakukan pengecekan kembali, apakah speaker Anda sudah trhubung dengan benar ? Anda dapat membaca artikel sebelumnya dibawah ini, untuk memperbaiki masalah seputar Bluetooth.

Catatan :

Jika menggunakan Bluetooth, pastikan TV mengetahui bahwa seharusnya mengeluarkan suara melalui Bluetooth dalam opsi menu TV. Pastikan juga soundbar diatur untuk menerima sinyal Bluetooth.

6. Uji Komponen Speaker

Jika semua cara diatas belum mengatasi masalah Anda, kemungkinan besar ada masalah dengan komponen speaker Anda. Saran saya lakukan pengecekan oleh teknisi yang Anda percayakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here