Melakukan rooting di ponsel android Anda berpotensi membahayakan perangkat Anda, dan mengutak atik ponsel android dapat membatalkan garansi,dan menyebabkan beberapa aplikasi seperti aplikasi perbankan tidak bisa di install di ponsel yang sudah di root. Yang tentunya mengakibatkan situasi yang tidak menguntungkan bagi Anda selaku pemilik ponsel.

Namun bagi Anda yang sudah terlanjur melakukan root pada ponsel Android Anda, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan HP/ Ponsel  Android Yang Sudah di Root ke Kondisi Pabrik.

1. Mengembalikan HP/ Ponsel  Android Yang Sudah di Root ke Kondisi Pabrik Menggunakan Aplikasi SuperSU

Banyak pengguna memanfaatkan SuperSU, alat populer untuk mengelola perangkat yang sudah di root. Di antara banyak fiturnya adalah kemampuan untuk membatalkan root di ponsel Anda.

Cara menggunakannyapun cukup sederhana, Anda cukup  membuka aplikasi SuperSU dan buka tab Settings. Scroll ke bawah dan pilih “Full Unroot“. Ikuti instruksi dan biarkan ponsel melakukan tugasnya. Setelah menyelesaikan urusan, cukup restart telepon dan ponsel Anda akan kembali ke kondisi pabrik.

2. Mengembalikan HP/ Ponsel  Android Yang Sudah di Root ke Kondisi Pabrik Menggunakan ES File Explorer

Akses root pada ponsel Android mungkin tampak seperti sesuatu yang rumit, tetapi sebenarnya itu hanyalah sekumpulan file di ponsel Anda. Anda bisa menghapus dan menyingkirkan file root ini.

Untuk melakukan ini, Anda memerlukan File Explorer dengan akses root. Dan yang pernah saya coba adalah dengan menggunakan aplikasi ES File Explorer (cukup aktifkan akses root di pengaturan).

  • Buka ES File Explorerpilih dan cari “system”.
  • Pilih direktori “bin”. Dari sana, hapus “busybox” dan “su”.

***Catatan : Jika folder “busybox” dan “su” tidak ada, lakukan langkah-langkah dibawah ini :

  • Kembali ke folder “System” dan pilih “xbin”. Kemudian, lanjutkan dan hapus folder “busybox” dan “su”.
  • Kembali ke folder sistem dan pilih “aplikasi”.
  • Hapus “superuser apk”.
  • Akhiri dengan merestart ponsel Anda dan semuanya akan selesai.
Berita sebelumyaCara Mengatasi Corel Draw X7 Tidak Bisa di Save
Berita berikutnyaMengatasi Masalah Youtube Tidak Bisa Mencari Video

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here