Picture in Picture (PiP) adalah fitur yang tersedia pada Android yang menjalankan Android 8.0 Oreo dan yang lebih baru. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan banyak fitur. Misalnya, Anda dapat mencari restoran sambil mengobrol dengan teman atau menonton video YouTube sambil mendapatkan petunjuk arah di Google Maps. PIP juga berfungsi dengan sebagian besar layanan streaming online.

Ini mungkin terdengar cukup menarik perhatian, tetapi ini adalah fitur yang cukup bagus bagi saya, apalagi ini fitur lebih ke multitasker yang memungkinkan Anda berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. PiP juga nyaman jika Anda ingin menonton video dengan santai .

Aplikasi yang Kompatibel dengan Picture in Picture

Karena ini adalah fitur Android, banyak aplikasi top Google mendukung Picture in Picture`, termasuk Chrome, YouTube, dan Google Maps.
Namun, mode PiP YouTube membutuhkan langganan ke YouTube Premium, platform bebas iklan. Mode PiP juga berfungsi dengan YouTube TV.
Aplikasi lain yang kompatibel termasuk VLC, open-source video platform, Netflix (dengan pembaruan ke Android 8.1), WhatsApp (obrolan video), Facebook dan Instagram (video), Google Duo, Pocket Casts (podcast video), dan Hulu.

Cara Mengaktifkan Fitur Picture in Picture

Fitur ini tidak kompatibel dengan semua aplikasi, dan tergantung pada pengembang untuk menunjukkan apakah suatu aplikasi mendukung fungsi ini. Anda dapat melihat sendiri daftar semua aplikasi di perangkat Anda yang mendukung Picture in Picture. Pertama-tama pastikan aplikasi Android Anda di update ke versi terbaru, lalu:

– buka Menu Settings.

– Pilih Apps & notifications.

– Pilih  Advanced > Special app access.

Kemudian pilih Picture-in-picture.

– Pilih salah satu aplikasi dari daftar, contohnya disini saya pilih google chrome.

– Klik toggle button untuk mengaktifkan Picture in Picture

Cara Meluncurkan Picture in Picture

Ada beberapa cara untuk meluncurkan Picture in Picture, tergantung pada aplikasinya. Pada Google Chrome, Anda harus mengatur video ke Full Screen, lalu tekan tombol Home.

Di aplikasi YouTube (dengan akun premium), mulailah menonton video, lalu tekan tombol Home.

Dengan beberapa aplikasi seperti VLC, Anda harus mengaktifkan fitur di pengaturan aplikasi terlebih dahulu. Di WhatsApp, saat Anda melakukan panggilan video, ketuk pratinjau video untuk mengaktifkan Picture in Picture.

  • Arahkan ke situs web yang berisi video.
  • Ketuk opsi Full Screen.
  • Pilih Play.
  • Setelah video mulai diputar, tekan tombol Home, lalu Anda dapat memindahkan video di sekitar layar ponsel Anda.

Cara Mengontrol Picture in Picture

Ketika Anda sudah tahu cara meluncurkan PiP di aplikasi favorit Anda, Anda akan melihat jendela dengan video Anda atau konten lainnya di kanan bawah layar Anda.

Ketuk jendela untuk melihat kontrol. Dalam beberapa kasus, Anda akan melihat tombol Putar, Maju Cepat, Putar Ulang, dan Maksimalkan \ full screen. Anda dapat menarik jendela ke mana saja di layar, dan menariknya ke bagian bawah layar untuk mengabaikannya.

Beberapa aplikasi, termasuk YouTube, memiliki pintasan headphone yang memungkinkan Anda memutar audio di latar belakang jika Anda tidak membutuhkan visual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here