Tabel Routing menentukan ke mana semua paket pergi ketika mereka meninggalkan sistem, apakah sistem itu adalah router fisik atau PC. Sebagian besar routing di PC Windows Anda menggunakan beberapa bentuk routing dinamis, di mana routing ini mampu memilih tempat terbaik untuk meneruskan paket berdasarkan informasi yang didapatnya dari routing lain. Anda dapat melihatnya dengan mengetikkan teks perintah berikut ini :

Cara Menggunakan Teks Perintah Untuk Melihat Tabel Routing Pada Windows

  • Jalankan Command Prompt dengan menekan tombol Windows + X dan kemudian pilih Windows PowerShell (Admin)” .
  • Pada PowerShell ketikkan perintah :
route print

Untuk menambahkan Route Statik Anda juga dapat mengetikkan perintah :

route ADD destination_network MASK subnet_mask  gateway_ip metric_cost

Komponen subnet_mask dan metric_cost adalah opsional untuk perintah tersebut. Jika Anda tidak menentukan subnet mask, maka 255.255.255.0 akan digunakan secara otomatis. Jika Anda tidak menentukan nilai metrik, biaya yang lebih besar dari entri tujuan adalah 0.0.0.0 akan digunakan secara default. Nilai metrik hanyalah biaya yang relatif terhadap biaya lain dalam tabel dan digunakan saat Windows memutuskan di antara beberapa rute yang dapat mencapai tujuan yang sama.

Sebagai Contoh :

Misalnya, jika Anda ingin menambahkan route yang menetapkan bahwa semua lalu lintas yang terikat untuk subnet 192.168.45.0 pergi ke gateway di 192.168.0.2 dan Anda hanya ingin menggunakan sebagai metrik otomatis, Maka Anda dapat menggunakan perintah berikut:

route ADD 192.168.45.0 MASK 255.255.255.0 192.168.0.2
Berita sebelumyaCara Mengubah Wallpaper Windows 10 tanpa Perlu Aktivasi
Berita berikutnyaPenyebab Mobil Berbunyi Saat Direm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here