Banyak penggunjung bertanya kepada kami  : Bagaimana cara merge (menggabungkan)  kolom di Microsoft Excel tanpa harus kehilangan data ? Pada dasarnya  kita akan kehilangan data ketika menggabungkan tabel yang berisi data kecuali di kolom paling kiri. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus menggunakan beberapa rumus. Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya merge (menggabungkan)  tanpa kehilangan data di Excel

Anda bisa melakukan merge (menggabungkan) kolom tanpa kehilangan data di Excel menggunakan dua metode Yaitu :  Menggunakan Operator Dan Menggunakan rumus CONCATENATE.

1. Menggunakan rumus CONCATENATE

Untuk menggunakan rumus CONCATENATE sintaksnya adalah:

=CONCATENATE (<sel pertama dari kolom pertama>: <sel pertama dari kolom pertama>)

Misalnya. Dalam contoh yang disebutkan di bawah ini , rumusnya akan menjadi

= CONCATENATE (A3: C3)

Dalam hal ini, A3: C3 akan mewakili kisaran kolom. Formula CONCATENATE akan sangat membantu Anda ketika perlu menggabungkan kolom dalam jumlah banyak.

2. Menggunakan Operator

Anda bisa merge (menggabungkan) kolom tanpa kehilangan data di Excel menggunakan operator.

Saat menggunakan rumus ini, pastikan bahwa cel pertama dengan teks untuk setiap kolom berada di baris yang sama. Juga, jika ada sel yang kosong di salah satu sel di kolom yang akan di merge, itu akan diabaikan saat penggabungan.

Misalnya. Asumsikan bahwa Anda perlu menggabungkan 3 kolom teks. Kolomnya adalah kolom A, B, dan C.
Maka rumus untuk menggabungkan adalah:

=A3&B3&C3

Masukkan rumus ini di baris 3 kolom di mana Anda membutuhkan teks yang digabungkan. Misalnya, jika Anda membutuhkan teks yang digabungkan di kolom E, tempatkan rumus di sel E3. Tekan Enter untuk mendapatkan teks gabungan sel A3, B3, dan C3 di sel E3.

Klik di mana saja di luar sel E3 dan kemudian kembali pada sel E3 untuk menyorot isi. Lalu seret rumus melintasi kolom ke sel E7. Ini akan membantu Anda dalam menampilkan teks yang akan digabungkan dari semua kolom di kolom E.

Namun, masalahnya adalah bahwa teks yang digabungkan tidak akan memiliki spasi di antara teks awal. Jika Anda ingin menambahkan spasi, ubah rumus, dan buat sebagai berikut:

=A3&" "&B3&" "&C3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here