Tombol O/D Overdrive pada mobil Automatic berfungsi untuk memaksa RPM turun pada kecepatan tertentu, yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan serta penghematan bahan bakar. Selain itu Tombol O/D Overdrive juga mendukung mobil dalam memberikan kinerja optimal sambil melaju pada kecepatan yang lebih tinggi.

Kapan Anda harus menggunakan Tombol O/D Overdrive ?

Umumnya, Tombol O/D Overdrive ini bisa ditemui pada Tuas Transmisi mobil matic Anda.

Kapan waktu yang tepat dalam menggunakan Tombol O/D Overdive ?

1. Gunakan Tombol O/D Overdrive saat akan mendahului/ menyalip kendaraan lain.

Ketika mobil Anda berjalan dengan kecepatan tinggi (di atas 90 km/h untuk mobil baru, dan 80 km/h untuk mobil yang lebih tua), mesin Anda berada di bawah tekanan yang lebih besar dengan peningkatan RPM. Mengaktifkan OD akan secara efektif mengurangi tekanan dan pada saat yang sama menurunkan RPM.

2. Gunakan Tombol O/D Overdrive saat menuruni jalan yang curam & Macet.

Mesin dan sistem pengereman berada di bawah tekanan ketika Anda terjebak dalam lalu lintas yang padat atau menuruni bukit. Dalam kemacetan lalu lintas, Anda terus-menerus menekan pedal secara mendadak untuk mempercepat mobil, dan Anda terus menekan pedal rem sambil menuruni medan miring dan curam. Dalam situasi seperti itu, O/D Overdrive membantu mempertahankan RPM di atas idle dan memastikan mesin dan rem tidak tegang.

Catatan: OD tidak boleh digunakan di mana kecepatannya tidak konsisten .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here