“Memori penuh pada sebuah ponsel Android ” adalah sebuah pemberitahuan yang cukup sering terjadi dari sebuah ponsel Android. Tidak jarang beberapa orang bahkan menginstal aplikasi manajemen RAM untuk menciptakan ruang kosong pada sebuah RAM. Tapi apakah pengelolaan RAM dengan sebuah aplikasi cukup aman untuk ponsel Android Anda ? mari kita bahas satu persatu di artikel dibawah ini :

Kenapa RAM di Ponsel Android Penuh ? Berikut ini adalah penjelasannya :

Pada Prinsipnya setelah beberapa saat, memori internal Anda terisi dengan aplikasi yang paling sering Anda gunakan.Kemudian perlu dibersihkan sebagian agar bisa meluncurkan aplikasi baru.Namun pada Sistem Android  melakukan ini secara otomatis  sehingga Anda tidak perlu melakukan apapun.

Mungkin ada beberapa gagasan bahwa RAM di ponsel Android perlu dibersihkan secara manual agar mempercepat kinerja ponsel Android Anda , namun hal itu adalah sebuah kesalahpahaman. Kenapa saya sebut sebuah kesalahpahaman ? Karena jika seandainya RAM penuh berarti Anda perlu terus menerus untuk meluncurkan kembali aplikasi. Ini akan menghemat waktu dan tenaga, dan mengurangi masa pakai baterai. Memiliki RAM penuh bukanlah hal yang buruk, bahkan hal tersebut merupakan sebuah berita baik, karena Sistem operasi dan hardware pada Ponsel Android Android Anda berjalan dengan normal. Karena Sistem Operasi Android dirancang dengan basis Linux dan Unix, kernel sistem Linux telah menetapkan peraturan untuk manajemen memori. Dan aturan ini mengikuti filosofi bahwa memori internal bebas adalah memori terbuang.

Jika Anda menghidupkan ponsel Android Anda dan memuat beberapa aplikasi, semua aplikasi ini akan tersimpan di memori.Jika Anda menggunakan aplikasi, beralih ke layar awal dan kemudian kembali ke aplikasi, proses untuk pememuatan sangat cepat sekali.Ini karena aplikasi tetap dalam beberapa bentuk dalam memori internal.Berkat memori ini, prosesor smartphone bisa berjalan begitu cepat.

Tetapi jika Anda memakai aplikasi penghemat RAM , maka aplikasi ini secara terus-menerus akan menutup proses di latar belakang yang sama sekali tidak bisa kita ketahui, Anda perlu menunggu lama agar Facebook atau Whatsapp dimuat lagi .Anda bisa melihat bagaimana kinerja ponsel Android dengan menggunakan aplikasi penghemat RAM dengan tidak menggunakan aplikasi Penghemat RAM seperti yang terlihat pada video berikut.

 

KESIMPULAN

Apakah Anda perlu membersihkan memori /RAM ketika muncul pesan “ Memori Penuh” ? jawabannya adalah TIDAK !

Anda hanya perlu mengambil sebuah tindakan jika smartphone Anda menjadi terasa lebih lambat.Karena secara umum, perangkat Android dirancang untuk mengelola RAM secara optimal.Menutup aplikasi dalam ikhtisar dapat memperbaiki keseluruhan perangkat, namun ini tidak ada hubungannya dengan efisiensi RAM sama sekali.

Dan ini bukan hal yang buruk sama sekali. Manajemen RAM berjalan secara otomatis pada Android. Android adalah sistem tercepat dan paling efisien yang dapat Anda harapkan. Jadi saran saya jangan menginstal aplikasi  manajemen memori /RAM di Android, jika Anda tidak ingin hardware Android mengalami kinerja yang buruk atau bahkan berdampak pada sebuah kerusakan hardware. Yang perlu Anda lakukan ketika muncul notifikasi Memori/ RAM penuh adalah cukup dengan merestart ponsel Android Anda, dan menghapus sebagian data/aplikasi pada memori internal di ponsel Android Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here