Bunyi rem pada mobil yang tidak biasa terdengar, seharusnya menjadi peringatan bagi Anda bahwa salah satu sistem terpenting pada mobil Anda mengalami kegagalan fungsi. Terlalu berisiko bagi pengemudi untuk mengabaikan suara rem kecil ataupun kuat dalam waktu yang cukup lama.

Karena pada akhirnya, Anda mungkin berakhir dalam situasi di mana mobil Anda memerlukan perbaikan yang jauh lebih mahal daripada sebelumnya. Lebih parahnya lagi, mobil tersebut tidak dapat berhenti dalam keadaan darurat sehingga menimbulkan kecelakaan yang sebenarnya bisa dihindari. Pada mobil, rem adalah komponen yang memiliki pekerjaan yang cukup berat. Mereka terkena kekuatan yang luar biasa dan menghasilkan banyak panas setiap kali Anda melakukan pengereman.

Saat Anda menekan rem, semua energi yang dihasilkan mobil Anda dengan berjalan di jalan harus diubah menjadi panas melalui gesekan. Jumlah gesekan yang dibuat dengan menghentikan mobil ukuran sedang dari kecepatan jalan bebas hambatan sudah cukup untuk membuat rem menjadi merah panas. Hentakan yang harus dilakukan rem setiap kali Anda menggunakannya untuk memperlambat berarti rem dapat mengeluarkan suara atau kadang-kadang terdengar bunyi yang tidak normal, meskipun tidak ada yang salah. Berikut adalah ringkasan kenapa mobil berbunyi saat direm.

1. Bunyi Hentakan Pada Mobil Saat direm

Rem mobil berbunyi seperti hentakan adalah masalah umum yang paling sering terjadi . Dimana rem seperti berbunyi hentakan saat Anda melepaskan pedal rem. Dan pada kasus lain mungkin Anda juga mendengar bunyi derak. Biasanya ini terdengar seperti derik yang dibuat saat mengguncang sekaleng cat semprot.

Penyebab paling umum dari suara ini adalah adanya masalah pada bantalan rem, dan ini tentu saja normal terjadi. Bantalan rem terkadang dapat berderak karena pemuaian panas, terutama jika bantalan tersebut dipasang tidak dilengkapi fitur anti guncangan.

Yang harus Anda ingat adalah bahwa derak ini tidak boleh terjadi secara konsisten dan tidak boleh terjadi saat Anda menginjak pedal rem. Dalam salah satu kondisi tersebut, Anda harus memeriksa rem. Ini bisa jadi pertanda adanya masalah yang lebih serius.

2. Brake Grinding

Brake Grinding selalu menjadi masalah serius, dan harus segera ditangani. Ada 2 penyebab utama terjadinya Brake Grinding. Saat rem Anda mengeluarkan suara seperti gerinda yang keras saat Anda menginjak pedal rem, hal ini hampir selalu disebabkan oleh kontak cakram rotor dengan bagian kaliper. Ini biasanya karena keausan ekstrim pada bantalan rem atau rotor.

Jika dalam kondisi ini Anda membiarkanya, Anda akan berada dalam situasi yang lebih buruk. Komponen ini akan membutuhkan perbaikan yang jauh lebih mahal. Alasan lain mengapa rem dapat mengeluarkan suara seperti bunyi gerinda adalah ketika benda asing (seperti batu) tersangkut di kaliper. Jika ini terjadi, rem biasanya akan mengeluarkan suara gerinda atau pekikan yang konsisten saat kendaraan sedang bergerak. Anda dapat mencoba mengeluarkan benda asing dari objek dengan menggerakkan mobil maju dan mundur berulang kali di tempat yang aman, tetapi jika cara tersebut tidak menyelesaikan masalah, Anda harus membawanya segera ke bengkel langganan Anda.

3. Brake fade

Brake fade adalah kondisi rem menjadi terlalu panas, dan akibatnya rem tidak berfungsi normal. Brake fade paling umum terjadi jika Anda berada dalam situasi di mana rem digunakan lebih sering dari biasanya, seperti menuruni tanjakan yang panjang. Saat Anda mengalami Brake fade ini , pedal membutuhkan tenaga ekstra untuk menghasilkan tenaga pengereman yang sama. Salah satu cara untuk mencegah Brake fade adalah dengan menggunakan teknik “engine braking”. Gunakan fungsi gigi bawah pada transmisi Anda sehingga mesin dan drivetrain kendaraan mengontrol kecepatan kendaraan. Dalam kasus ekstrim, pilihan teraman adalah menepikan mobil Anda dan menunggu rem dingin. Jika Anda merasa mengalami Brake fade, Anda harus selalu melakukan pemeriksaan tekanan pada sistem pengereman Anda untuk memastikan bahwa hidraulik pada rem Anda bekerja dengan benar. Anda bisa melakukan pemeriksaan hidrolik dengan memompa pedal beberapa kali saat mobil Anda sedang diparkir. Pedal harus menjadi semakin kencang dengan setiap pompa.

Berita sebelumyaCara Menggunakan Teks Perintah Untuk Melihat Tabel Routing Pada Windows
Berita berikutnyaCara Mengembalikan Posting dan Story yang Terhapus di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here