Mengenal Sistem Analisis Statistika, SAS ( Statistical Analysis System )

Sejak kelahiran World Wide Web (WWW) dan pertumbuhan Internet, sebagian besar data yang telah dikumpulkan oleh organisasi di seluruh dunia. Analisis data ini penting bagi para pengambil keputusan, peneliti dan pembuat kebijakan di seluruh industri, akademisi,perbankan dan pemerintah. The SAS Institute merupakan penyedia salah satu alat utama untuk analisis statistik.

SAS (Statistical Analysis System) adalah program komputer untuk analisis statistika yang dikembangkan oleh perusahaan SAS Institute. Perangkat lunak ini dirancang untuk keperluan berbagai bidang dengan fitur:

  • Analisis Statistika
  • Riset Operasi
  • Managemen Proyek
  • dll.

Sistem SAS adalah produk perangkat lunak yang dirancang untuk mengakses, menganalisis dan melaporkan data untuk berbagai macam aplikasi. Bahasa SAS termasuk bahasa pemrograman yang dirancang untuk memanipulasi data dan mempersiapkannya untuk analisis dengan prosedur sistem SAS. Sistem SAS pada awalnya dikembangkan pada 1970-an untuk peneliti akademis oleh Dr. James Goodnight dan rekan-rekannya di North Carolina State University. SAS mencakup berbagai komponen untuk mengakses database dan flat, un-formatted, memanipulasi data, dan menghasilkan output grafis untuk publikasi pada halaman web dan untuk tujuan lainnya. Rutinitas statistik di SAS mendukung segala sesuatu dari peramalan penjualan untuk analisis farmasi dan dari pendidikan / psikologi pengujian untuk analisis risiko keuangan. SAS merupakan salah satu platform analisis utama untuk penelitian akademis dan analisis data dalam lembaga, perusahaan dan organisasi di seluruh dunia.

Untuk mempelajarinya SAS Institute,telah membuat training/kursus di beberapa negara termasuk di Indonesia, tujuannya adalah :

  • memperkenalkan konsep untuk mengekstrak data dari berbagai sumber
  • memanipulasi data sehingga benar siap untuk analisis
  • menerapkan prosedur SAS dan menginterpretasikan output
  • menghasilkan laporan teks dan grafis untuk berbagai ke berbagai jenis media

Untuk saat ini sampai disini dulu saya bahas tentang SAS ( Statistical Analysis System ). ntar kalau saya sendiri sudah bisa belajar SAS , Insya Allah akan saya coba posting contoh Analisis Statistika SAS ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *