Tips Aman saat Browsing

Pernahkan anda saat browsing diganggung dengan iklan menjengkelkan yang muncul tiba-tiba saat anda sedang browsing? kalau pernah itulah yang disebut dengan plugin spyware & adware.

Apa itu Plugin Spyware ? biasanya plugin ini digunakan oleh sebuah perusahaan software atau disk untuk melacak apakah anda memakai produk mereka yang asli atau bajakan, contohnya ada sebuah aplikasi yang tiba tiba terkena blacklist saat megupdate sistem aplikasinya.

Apa itu Plugin Adware ? Wah ini adalah plugin yang paling menjengkelkan , plugin yang satu ini memaksa anda harus mengklik iklan yang muncul untuk bisa keluar dari iklan penggangu tersebut, biasanya plugin ini terinstall otomatis di browser tanpa anda menyadarinya. Bahkan browser anda bisa penuh dengan iklan yang tak jelas kalau sudah terkena dengan adware, dan otomatis koneksi internet & kinerja komputer anda menjadi lambat.

Contoh plugin Adware seperti : Delta Search, Ask Toolbar, Conduit, Babyloon Dan masih banyak yang lainnya .

Bagaimana tips aman untuk terbebas dari plugin adware ini ?

1. Hindari Website yang berisi content yang tidak resmi, seperti website porno, website penyedia crack Dll.

2. Telitilah saat anda mendownload sebuah content.pastikan link yang anda download dan ukururan size nya masuk akal.

Contoh : anda akan mendownload sebuah Mp3, tapi ukuran size nya cuma 700 Kb, yang harus anda ingat, rata-rata file Mp3 ukuran normalnya adalah   4-5 Mb

3. Cobalah lebih teliti untuk menginstal sebuah aplikasi, jangan main next…next… aja, tak jarang ada beberapa aplikasi yang menyamarkan check box untuk menyisipkan plugin adware.

4. apabila sudah terlanjur disisipi adware ,segeralah hapus melalui control panel, atau gunakan program anti addware seperti AdwCleaner dan lainnya.

Happy Browsing 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *