Tips Membeli Ponsel Android dan iPhone Bekas

Jika Anda berniat untuk membeli ponsel Android atau Iphone bekas, maka ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum Anda memutuskan untuk membeli. Ada beberapa alasan diantaranya : Apakah perangkat keras/hardware bekerja dengan baik atau tidak, apakah penjual ponsel bekas tersebut merupakan pemilik asli dari ponsel tersebut dan banyak lagi. Dalam panduan ini, saya akan memberikan tips apa saja yang harus Anda perlu periksa sebelum membeli sebuah ponsel Android dan iPhone bekas.

  1. Lakukan Pemeriksaan terhadap Hardware

Mungkin Anda sudah tahu betapa pentingnya untuk memeriksa hardware dari perangkat yang yang akan dibeli, terlebih lagi dengan ponsel bekas, kita tidak tau bagaimana cara sitangan pertama memperlakukan ponsel yang dijualnya tersebut.

Jadi, sangat penting untuk  memeriksa hardware telepon secara menyeluruh sebelum membuat keputusan pembelian.

Memeriksa setiap komponen hardware cukup sulit untuk dilakukan, tapi disini saya akan memberitau anda tentang sebuah aplikasi yang mampu untuk memeriksa kerusakan hardware pada ponsel android/ iOS yang akan anda beli . klik link dibawah untuk mendownload aplikasi tersebut.

phone-doctor

Hardware test untuk Android

Hardware test untuk iOS

  1. Periksa Nomor IMEI melihat Keaslian dari device.

Jika penjual menawarkan harga yang diluar logika kita, maka disini saya minta anda untuk berhati-hati. Hal ini sebagai antisipasi anda dari penipuan. Untuk mengantisipasi hal tersebut Anda dapat memeriksa nomor IMEI Phone untuk memastikan bahwa telepon tersebut bukanlah curian atau ponsel yang sudah di blacklist oleh OEM. Ada beberapa situs online yang memungkinkan Anda untuk memeriksa nomor IMEI dari telepon apapun dengan mudah.

Anda dapat menemukan nomor IMEI menggunakan shortcode yang diberikan oleh OEM atau dengan melihat bagian belakang ponsel setelah mengeluarkan baterai. Atau anda bisa mengakses kode berikut dari ponselnya langung.

  • Untuk Periksa Nomor iPhone ‘IEMI: Dial * # 06 #
  • Untuk Periksa Ponsel Android Nomor IMEI: Dial * # 06 #

Setelah Anda memiliki nomor IMEI dari ponsel yang anda miliki, Anda dapat pergi ke situs-situs seperti IMEI Checker . kemudian Ketikan nomor IMEI tersebut di form yang sudah tersedia.

Catatan: IMEI checker hanya menunjukkan perangkat yang telah dilaporkan hilang atau pencurian.

  1. Periksa Layanan Aktifasi Ponsel (iCloud untuk iOS dan Android Lock)

Pastikan anda mendapatkan id dan password icloud jika device yang anda beli menggunakan iOS, dan untuk android pastikan anda bisa login menggunakan Google Play.

  1. Usahakan meminta garansi

Cobalah anda meminta garansi dari si penjual, walaupun garansi itu hanya 3 hari saja. Daripada tidak sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *