Apa Itu Aplikasi Signal, dan Mengapa Semua Orang Menggunakan Aplikasi Ini ?

0

Signal adalah aplikasi perpesanan terenkripsi yang aman. Anggap saja sebagai alternatif yang lebih baik dari pada WhatsApp, Facebook Messenger, Skype, iMessage, dan SMS. Inilah mengapa Anda harus mempertimbangkan dengan serius untuk beralih ke Aplikasi Signal ini.

Mengapa Aplikasi Signal Begitu Spesial ?

Aplikasi Signal tersedia untuk Android, iPhone, dan iPad. Ada juga klien desktop Signal untuk Windows, Mac, dan Linux. Untuk bergabung, Anda hanya membutuhkan nomor telepon. Dan tentu saja ini Gratis. Untuk fitur Aplikasi Signal sama seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan aplikasi obrolan populer lainnya. Ini adalah aplikasi perpesanan dengan fitur seperti pesan one-to-one, grup, stiker, foto, transfer file, panggilan suara, dan bahkan panggilan video.

Anda dapat melakukan obrolan grup dengan hingga 1000 orang dan panggilan grup dengan hingga delapan orang. Signal tidak dimiliki oleh perusahaan teknologi besar apapun. Sebaliknya, Signal dikembangkan oleh yayasan nirlaba dan didanai hasil dari donasi. Tidak seperti Facebook, pemilik Signal bahkan tidak mencoba menghasilkan uang. Signal tidak mencoba mengumpulkan banyak data tentang Anda atau menampilkan iklan kepada Anda. Meskipun Signal memiliki antarmuka yang sangat familiar, ia sangat berbeda di balik itu. Percakapan Anda di Signal dienkripsi dari ujung ke ujung, yang berarti bahkan pemilik Signal tidak dapat memantau aktifitas yang Anda lakukan. Hanya orang-orang dalam percakapan yang dapat melihatnya. Signal juga sepenuhnya open-source. Kode sumber untuk aplikasi klien proyek dan perangkat lunak server tersedia di GitHub.

Bagaimana dan Mengapa Signal Sangat Privat dan Aman ?

Semua komunikasi di Signal — termasuk komunikasi pesan, pesan grup, transfer file, foto, panggilan suara, dan panggilan video — dienkripsi ujung-ke-ujung. Hanya orang yang terlibat dalam komunikasi yang dapat melihat mereka. Enkripsi terjadi antara perangkat individu yang menggunakan Signal. Perusahaan yang mengoperasikan Signal tidak dapat melihat pesan-pesan ini meskipun mereka menginginkannya. Signal sebenarnya membuat protokol enkripsi sendiri untuk ini. Ini sangat berbeda dari aplikasi perpesanan tradisional. Misalnya, Facebook memiliki akses ke semua yang Anda katakan di Facebook Messenger. Facebook mengatakan tidak akan menggunakan konten pesan Anda untuk iklan, tetapi apakah Anda yakin itu tidak akan pernah berubah di masa depan? Tentu, beberapa messenger lain menawarkan pesan terenkripsi sebagai fitur opsional. Tetapi semua yang ada di Signal dienkripsi, selalu dan secara default.

Signal juga menawarkan fitur privasi lainnya, termasuk penghapus pesan otomatis (menghilang) yang secara otomatis akan dihapus setelah beberapa waktu. Facebook Messenger juga mengumpulkan banyak data tentang Anda. Sebagian besar perusahaan mengumpulkan banyak data. Signal mencoba untuk tidak melakukannya.

Mengapa Aplikasi Signal Mendadak Populer?

Enkripsi end-to-end pada aplikasi Signal adalah fitur besarnya. Itulah mengapa begitu banyak orang menggunakan Signal, karena mereka mengkhawatirkan privasi. Pada awal 2021, aplikasi ini telah didukung oleh semua orang popular mulai dari Elon Musk hingga CEO Twitter Jack Dorsey dan telah membuat aplikasi Signal melesat ke puncak aplikasi popular di  Apple  Store dan Store Google.

Tetapi Signal tidak datang begitu saja ia didirikan pada tahun 2013. Ini adalah perangkat lunak yang dihormati secara luas yang telah lama digunakan oleh pendukung privasi dan aktivis lainnya. Edward Snowden mendukung Signal pada tahun 2015. Pada awal 2021, Signal telah mencapai penerimaan arus utama yang lebih besar.

Semenjak, WhatsApp mengubah kebijakan privasinya untuk berbagi lebih banyak data dengan Facebook, dan banyak orang jelas ingin memilih menutup akun whatsapp mereka, dibanding harus membagi data pribadi Anda.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Signal ?

Signal mudah untuk digunakan, Cukup unduh aplikasi Signal resmi dari Apple’s App Store untuk iPhone dan iPad atau Google Play untuk Android. Ikuti prosesnya , seperti Anda waktu pertama kali mendaftar Whatsapp.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here