Cara Mengkalibrasi Ulang Baterai Laptop Agar Lebih Awet dan Hemat

2

Seiring masa pemakaiannya baterai laptop bisa menjadi lemah dan cepat lowbat/habis. Kejadian seperti ini sangat umum terjadi pada sebuah laptop, tidak hanya laptop, ponsel dan perangkat lainpun juga akan mengalami hal seperti ini. Karena setiap suatu perangkat sering digunakan seiring waktu pasti akan cepat habis. Untuk itu ada tips dan solusi sederhana yang akan kami berikan kepada Anda untuk membuat bataerai laptop lebih awet dan hemat dengan cara melakukan kalibrasi ulang pada baterai.

Berikut ini adalah Cara Mengkalibrasi Ulang Baterai Laptop Agar Lebih Awet dan Hemat :

1. Cara Mengkalibrasi Ulang Baterai Laptop Menggunakan BIOS

Setiap laptop pada pasti memiliki sebuah utility pabrikan yang sering kita sebut dengan BIOS. Anda dapat melakukan kalibrasi ulang baterai laptop menggunakan BIOS dengan cara :

  • Jika Anda sudah berada didalam BIOS, Kemudian pergi ke menu Power
  • Kemudian cariĀ  menu Start Battery Calibration
  • Tekan tombol Enter untuk memulai proses kalibrasi ulang baterai

Catatan :

Proses Kalibrasi melalui BIOS ini cukup Lama, jadi pastikan Anda membaca perintah yang muncul saat proses kalibrasi di mulai.

Setelah proses kalibrasi dimulai, biasanya Anda akan diminta untuk mengikuti perintah di layar Seperti menghubungkan Charger laptop Anda. Setelah laptop Anda terisi Penuh. Anda juga diminta untuk melepaskan charger. Selanjutnya Anda juga disuruh mengosongkan baterai dari 100% hingga 0% hingga  nanti akan mati secara otomatis. Sambungkan kembali pengisi daya (jangan hidupkan laptop Anda saat sedang diisi daya). Setelah terisi penuh, proses kalibrasi selesai. Anda kemudian dapat mencabut pengisi daya dan mem-boot ulang sistem Anda.

2. Cara Mengkalibrasi Ulang Baterai Laptop Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu aplikasi untuk kalibrasi ulang baterai laptop adalah AIDA64 , aplikasi diagnostik  ini juga mendukung untuk overclocking. Aplikasi ini bekerja melalui sistem sensor yang ada pada laptop Anda. Selain memantau sensor secara real time, Aplikasi ini juga dapat memberikan informasi seperti :

  • Informasi voltase
  • Suhu
  • Kecepatan Fan
  • Mendeteksi dan mencegah masalah baterai laptop yang lemah

Tidak hanya pada windows Aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk ponsel Android Anda yang bisa langsung bisa di didownload di google play store.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini