Syntax error adalah suatu kesalahan dalam kode program. Karena program komputer harus mengikuti Syntax yang ketat untuk mengkompilasi dengan benar, setiap aspek kode yang tidak sesuai dengan Syntax bahasa pemrograman akan menghasilkan kesalahan sintaksis.

Tidak seperti kesalahan logika, yang merupakan kesalahan dalam aliran atau logika suatu program, kesalahan Syntax adalah kesalahan tata bahasa yang kecil, terkadang terbatas pada satu karakter saja. Misalnya, tanda titik koma yang hilang di akhir baris atau braket tambahan di akhir fungsi dapat menghasilkan kesalahan Syntax. Dalam contoh kode PHP di bawah ini, kedua braket tertutup akan menghasilkan Syntax error karena hanya ada satu braket terbuka pada fungsi.

Beberapa IDE pengembangan perangkat lunak memeriksa kode untuk memperlajari kesalahan sintaksis secara real-time, sementara yang lain hanya menghasilkan kesalahan Syntax ketika suatu program dikompilasi. Bahkan jika file Source Code berisi satu kesalahan Syntax kecil, itu akan mencegah aplikasi yang berhasil dikompilasi. Demikian pula, jika Anda menjalankan script melalui translator, error syntax pun  akan muncul . Dalam kebanyakan kasus, kompiler atau interpreter menyediakan lokasi (atau nomor baris) dari Syntax yang mengalami error, sehingga memudahkan programmer untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan tersebut.

Berita sebelumyaCara memutar video/musik YouTube dengan layar mati di Ponsel Android & iPhone
Berita berikutnyaCara Mudah Convert Excel ke KML

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here