Cara memperbaiki CPU Fan Error di PC/ Laptop

Halo semua !Pernahkan Anda menjumpai error  “CPU Fan Error ”  di komputer atau laptop saat booting ? Error tersebut belum tentu  terjadi pada fan CPU Anda. Jadi, jangan khawatir dan terlalu cepat untuk mengganti fan pada komputer/laptop Anda. Sejujurnya, dalam beberapa kasus, Anda hanya dapat mengubah beberapa pengaturan untuk menyelesaikan masalah CPU error fan tersebut. Oleh karena itu, mari kita simak cara mengatasi error “CPU fan error” yang terjadi pada Komputer / Laptop kamu.

Mengapa Pesan error “CPU Fan Error ”  bisa muncul ?

Secara umum, ada beberapa penyebab terjadinya error ini di komputer maupun di laptop kamu. Oleh sebab itu untuk memperbaiki kesalahan “CPU Fan Error ”  ini, Anda juga harus terlebih dahulu mengetahui alasan mengapa Anda bisa mendapatkan error seperti itu, diantara alasan pemicu terjadinya “CPU Fan Error ”  adalah :

1). Pengaturan Fan di BIOS tidak sesuai.

Jika sebelumnya Anda pernah membuka  BIOS mungkin saja secara tidak sengaja atau sengaja mengatur ulang informasi fan CPU ke pengaturan yang salah. Jujur, dalam penggunaan sehari-hari, ketika komputer Anda tidak dapat mendeteksi kipas CPU yang terhubung atau tidak mendeteksi kecepatan kipas sama sekali karena Anda telah mengubah pengaturan kipas secara tidak tepat. Karenanya, dalam kasus seperti itu, mengubah kembali pengaturan kipas ke pengaturan default  adalah langkah  yang seharusnya Anda lakukan terlebih dahulu.

2). Perputaran Fan CPU yang lambat disebabkan oleh debu yang tebal.

Secara umum, pesan error ” CPU Fan Error “ juga bisa disebabkan karena fan yang berputar  terlalu lambat atau bahkan sama sekali tidak berputar. Oleh karena itu, langkah yang harus Anda ambil adalah periksa dan bersihkan kipas/fan CPU Anda terlebih dahulu. Jika ini terjadi pada PC kamu cukup buka cassing CPU dan bersihkan semua kipas dari debu menggunakan kuas dan kain lembut.

Jika terjadi pada laptop, Anda bisa lihat video dibawah ini : Bagimana cara membersihkan FAN CPU pada Laptop

3). Fan CPU Anda tidak terhubung dengan benar / Longgar.

Apakah Anda yakin telah menghubungkan kipas CPU PC/Laptop Anda dengan benar? Apakah sebelumnya laptop / komputer Anda terjatuh ? CPU Fan Error juga bisa disebabkan karena koneksi yang longgar atau rusak?  Pastikan kipas CPU PC/Laptop Anda sudah terhubung dengan benar.

4). Kipas CPU Anda sudah rusak .

Pemicu terjadinya pesan error CPU Fan Error adalah karena komputer/ laptop Anda mengalami overheat/ Kepanasan. Solusinya adalah mengganti komponen Fan yang mati atau rusak.

Sebelum Anda mengganti pastikan langkah pertama sampai ketiga diatas sudah Anda lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *