LTSC adalah kepanjangan dari The Long-Term Servicing Channel adalah salah satu versi Windows 10 yang dirancang untuk perangkat menggunakan case di mana persyaratan utamanya adalah fungsi dan fitur tidak berubah seiring waktu. Contoh penggunaan sistem Windows 10 LTSC dalam medis (seperti yang digunakan untuk scan MRI dan CAT), pengontrol proses industri, dan perangkat kontrol lalu lintas udara. Perangkat ini memiliki karakteristik sistem tertanam: mereka dirancang khusus untuk tujuan tertentu dan dikembangkan, diuji, dan disertifikasi sebelum digunakan. Windows 10 LTSC diperlakukan sebagai keseluruhan sistem dan, karenanya ” upgraded ” dengan membangun dan memvalidasi sistem baru, mematikan perangkat lama, dan menggantinya dengan perangkat baru yang bersertifikat.

Dalam hal ini Microsoft merancang LTSC dengan mempertimbangkan jenis-jenis kasus diatas, dan menawarkan janji akan mendukung rilis LTSC setiap 10 tahun, serta fungsionalitas tidak akan berubah selama siklus 10-tahun itu.

Perbedaan antara Windows 10 Semi-Annual Channel dan LTSC

Seperti yang bisa Anda baca sebelumnya di atas, perangkat Windows 10 di Semi-Annual Channel menerima pembaruan fitur dua kali setahun, sekali di musim semi dan sekali di musim gugur. Pembaruan ini berisi fitur baru, layanan, dan perubahan besar lainnya. Pembaruan keamanan, optimasi, dan pembaruan kecil atau tambalan kemanan lainnya yang dirilis setiap bulan sesudahnya.

Dalam hal ini untuk memenuhi komitmen tidak ada perubahan pada fitur atau fungsionalitas, rilis Windows 10 LTSC tidak mengandung komponen Windows 10 yang dapat berubah selama masa rilis. Komponen-komponen dalam hal ini termasuk Microsoft Edge (sebagai browser modern, ia terus berkembang untuk mendukung standar peramban web modern saat ini) serta komponen / aplikasi yang diperbarui secara teratur melalui Microsoft Store, seperti Camera, Cortana, OneNote, dan aplikasi modern lainnya yang terus maju dengan peningkatan inovatif.

IE (Internet Explorer) termasuk dalam rilis LTSC Windows 10 karena set fiturnya tidak berubah, meskipun akan terus mendapatkan perbaikan keamanan untuk kehidupan rilis LTSC Windows 10.

Cadence Pada Windows 10 LTSC

Microsoft  membuat sebuah rilis pada versi LTSC baru kira-kira setiap tiga tahun, dan setiap rilis berisi semua kemampuan dan dukungan baru yang termasuk dalam pembaruan fitur Windows 10 yang telah dirilis sejak rilis LTSC sebelumnya. Berbeda dengan terminologi tahun-dan-bulan yang digunakan untuk menggambarkan pembaruan fitur Windows 10 (misalkan. versi 1703 maupun 1809), rilis LTSC dinamai dengan tahun tertentu, seperti Windows 10 Enterprise LTSC 2016 atau Windows 10 Enterprise LTSC 2019, dan mereka sejalan dengan Rilis Office seperti Office 2019.

Setiap rilis LTSC menerima 10 tahun servis dan dukungan [i]. Selama masa rilis versi LTSC, Anda dapat meningkatkan perangkat Anda ke rilis LTSC berikutnya atau terbaru secara gratis menggunakan peningkatan di tempat, atau untuk rilis Windows 10. Saat ini didukung. Hal itu karena LTSC secara teknis adalah SKU sendiri, diperlukan peningkatan dari Windows 10 Enterprise LTSC ke Windows 10 Enterprise, yang mendukung Saluran Semi-Tahunan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here