Cara Instal Windows 11 di Laptop / PC Jadul

0

Microsoft telah merilis Windows 11 dan semua itu dapat diupgrade secara gratis. Masalahnya adalah tidak semua PC ataupun laptop dapat didukung oleh Windows 11. Ada beberapa syarat mutlak yang harus terpenuhi diantaranya adalah Trusted Platform Module (TPM) Versi 2.0 . Kita semua sudah mengetahui PC / Laptop jadul rata rata tidak memiliki chip TPM2.0 . Kabar baiknya adalah jika Anda tetap menginginkan windows 11 terinstall di laptop atau pc jadul Anda, ada solusi sederhana yang dapat Anda gunakan untuk melakukannya.

Berikut ini adalah Cara Instal Windows 11 di PC/ Laptop Jadul :

1. Apabila Laptop/ PC Anda tidak memenuhi syarat untuk menginstall windows 11, maka Anda harus melakukan installasi secara manual , artinya Anda bisa melakukan installasi menggunakan file ISO Windows 11. Untuk cara mendownload ISO Windows 11 menggunakan installation assistant, Anda bisa baca artikel dibawah ini :

2. Setelah Anda memiliki ISO Windows 11, Langkah selanjutnya adalah Anda harus memodifikasi system registry windows 10 terlebih dahulu. Untuk cara modifikasi ini, sudah kami bahas juga pada artikel dibawah ini :

3. Jika kedua syarat diatas sudah siap, maka selanjutnya adalah mengekstract file iso windows 11 yang sudah di download tadi menggunakan Winrar. Caranya, klik kanan pada iso windows 11 kemudian pilih extract file .

4. Tunggu proses ekstract sampai selesai.

5. Setelah proses ekstract berhasil, buka folder iso windows 11 yang sudah di extract tadi, dan double klik pada Setup.exe

Cara installasi windows 11 pada laptop atau PC jadul ini memang berbeda dengan seperti biasanya, karena kita melakukan installasi langsung dari sistem operasi windows 10 tanpa menggunakan media installer DVD ataupun USB Bootable.

Hal ini dimaksudkan, agar installer windows 11 tadi membaca system registray yang sudah kita modifikasi pada langkah kedua diatas.

6. Langkah berikutnya adalah, Anda tinggal mengikuti intruksi installasi windows 11 sampai selesai.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini