Cara Mengatasi Masalah Windows 11 error TPM 2.0

0

Windows 11 secara resmi telah dirilis oleh Microsoft , dan sudah sama sama kita ketahui salah satu persyaratan untuk menginstall atau mengupgrade Windows 11 adalah TPM (Trusted Platform Module). Masalah error TPM ini cukup banyak pengguna windows yang akan menginstall atau mengupgrade windows 11, mengalaminya. Dan tentu saja dengan munculnya error TPM ini, menyebabkan kita tidak bisa menginstall atau mengupgrade ke windows 11.

Oleh sebab itu, pada artikel ini , kami akan memberikan solusi dan cara untuk mengatasi masalah error TPM ini dengan cara yang sesederhana mungkin.

Sebelum memulai ke tahap perbaikan error TPM, Anda harus memastikan terlebih dahulu PC/ Laptop Anda sudah memiliki modul TPM V 2.0, karena penyebab umum munculnya error TPM “the pc must support tpm 2.0. dan the PC must support secure boot”

disebabkan oleh kesalahan konfigurasi BIOS atau PC Anda memang tidak memiliki module TPM, maka Anda dapat melakukan pengecekan modul tpm dengan cara :

  • Tekan tombol Windows + R kemudian ketikkan perintah tpm.msc Kemudian tekan Enter
  • Maka disana akan terlihat informasi module yang ada pada PC/Laptop Anda.

Berikut ini adalah Cara dan solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah Windows 11 error tpm 2.0 :

1. Pastikan Fitur Safe Boot PC/Laptop Anda Sudah di Aktifkan

Solusi pertama yang harus Anda lakukan ketika mengalami error TPM  ini adalah dengan mengaktifkan fitur Safe Boot di BIOS Anda, dengan cara :

  • Masuk ke BIOS PC/Laptop Anda
  • Kemudian arahkan pada Boot > Secure Boot Control> pastikan sudah Enable.

Catatan :

Ada kemungkinan posisi menu Safe Boot berbeda, semua itu tergantung pada versi BIOS Anda, jadi patokannya adalah cari saja menu Secure Boot di menu BIOS Anda.

2. Aktifkan Modul TPM di BIOS

Jika pada tpm.msc sudah terdeteksi versi TPM PC Anda, namun error masih tetap muncul, kemungkinan besar, Anda belum mengkatifkan TPM ini di BIOS PC, oleh sebab itu pastikan Anda sudah mengaktifkan TPM BIOS dengan cara :

  • Pergi ke Menu Advanced > Trusted Computing > TPM Support > Pilih Enable
  • Tekan tombol f10 untuk melakukan save
  • Dan restart PC/Laptop Anda
  • Dan coba cek kembali apakah error TPM masih muncul ?

3. Lakukan Reset BIOS Ringan Pada PC/Laptop Anda

Kata reset disini adalah melakukan refresh pada BIOS Anda, caranya juga cukup sederhana.

Pada PC/Komputer

Anda cukup melepas semua kabel yang terhubung ke komputer/PC Anda terutama kabel power, kemudian diamkan untuk beberapa menit dan coba hidupkan kembali.

Pada laptop

Jika pada laptop, coba lepas beterai laptop Anda, dan diamkan laptop tanpa baterai selama beberapa menit dan pasang kembali.

Catatan :

Jika baterai laptop Anda tidak bisa di lepas, lakukan update ke versi BIOS terbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here