File .bin adalah perpanjangan dari file biner. Setiap file memiliki informasi berbeda yang disimpan di dalamnya dan informasi tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan. File-file ini sering kali merupakan program komputer yang dikompilasi. Bisa berupa gambar, audio, video, instalasi, atau file image CD.

Dalam beberapa kasus file BIN ini disimpan dalam format biner dan dapat dibuka dengan editor teks apa pun. File BIN juga bisa menjadi gambar ROM dari video game Sega. File game .bin ini dapat dimainkan di komputer menggunakan emulator Sega Genesis.

Lalu, Bagaimana Cara Membuka File ‘.bin’ di Windows ?

File BIN tidak mirip dengan file umum yang dapat dibuka dengan program apa pun tanpa masalah apa pun. File-file ini berbeda dari file teks atau gambar yang biasanya dibuka pada perangkat lainnya. Anda dapat membuka file BIN di aplikasi yang berbeda. Di bawah ini kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa cara membuka jenis file berformat .bin .

1. Cara Membuka File berformat .bin Menggunakan Aplikasi UltraISO dan Daemon tools

  • Pertama yang Anda lakukan adalah mendownload aplikasi Ultra ISO secara gratis
  • Selanjutnya lanjutkan proses installasi aplikasi ultra ISO dan membukanya
  • Di aplikasi Ultra ISO Klik Mount to Virtual Drive. Kemudian pilih file .BIN yang ingin Anda buka > dan setelah itu pilih, klik tombol Mount.

Selain aplikasi Ultra ISO, Anda juga dapat menggunakan aplikasi seperti Daemon tools.

2. Mengubah Format .BIN menjadi ISO terlebih dahulu

Anda dapat menggunakan aplikasi Burn XP, untuk melakukan perubahan file .bin menjadi .ISO. setelah file menjadi .ISO Anda dapat mengconversi file .ISO tersebut menggunakan Winrar maupun 7Zip.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here