Cara Memperbaiki Data error (cyclic redundancy check)

Ketika Anda sedang mengcopy suatu file ke hardisk / flashdisk, kemudian Anda menerima pesan kesalahan ” Data error (cyclic redundancy check) “ jangan khawatir kalau Anda akan kehilangan data.Ikuti langkah-langkah dalam posting ini, maka Anda akan dapat memperbaiki kesalahan ini secara mudah.

Cyclic Redundancy Check adalah kode pendeteksi kesalahan yang digunakan untuk mem-verifikasi data.Ketika Anda mendapatkan pesan kesalahan ini, itu berarti ada sesuatu yang salah dengan file atau hard drive Anda.

Kesalahan bisa disebabkan oleh file itu sendiri atau bisa juga dari hardisk.

Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat menjalankan utilitas dari Windows: CHKDSK . CHKDSK dapat memeriksa integritas hard disk Anda dan dapat memperbaiki berbagai kesalahan sistem yang terjadi.

Berikut ini adalah langkah-langkah Memperbaiki Data error (cyclic redundancy check):

  1. Jalankan command prompt (CMD) sebagai administrator.
  2. Kemudian Ketik perintah
 chkdsk / f x:

Ganti  tanda “x” : dengan drive yang bermasalah.

Dalam kasus saya, drive saya adalah d: \, jadi saya ketik ” chkdsk / f d: ” (lihat di bawah).

3. Kemudian tekan tombol Enter . Proses ini mungkin memakan waktu lebih lama jika ada terjadi  masalah dengan banyak file. Jadi bersabarlah sampai selesai.

4. Jika proses perbaikan sudah selesai Restart ulang komputer Anda

Jika masalah terus berlanjut, Anda mungkin perlu memformat disk. Format akan menghapus semua data dalam disk. Jadi tolong pastikan Anda sudah membackup data sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *