Cara Mengatasi Error pada efiling pajak

Efiling adalah sebuah aplikasi SPT (Surat Pemberitahuan) berbasis web yang diakses menggunakan kenoksi internet yang dimiliki oleh Direktorat Pajak . Tentu saja efiling dibuat untuk memudahkan kita dalam membuat laporan SPT, namun ada beberapa masalah yang dialami beberapa user saat mengakses sistem efiling ini. Dalam artikel kali ini kami akan memberikan solusi bagaimana cara mengatasi error yang terjadi pada sistem Efiling.

Error 302, status code 0 & bad request : Error ini terjadi karena terputusnya koneksi internet saat mengakses efilling . Solusi untuk memperbaiki error ini cukup mudah yaitu Anda cukup login kembali. Namun jika banyak ketikkan form yang akan Anda input saya menyarankan untuk menggunkan Aplikasi eform yang sudah disediakan oleh Direktorat Pajak. Eform bisa Anda download disini

Muncul error WP tidak lengkap (SPT 1770S Lampiran 1-C) saat membuat SPT : Penyebab error ini adalah Nomor NPWP yang Anda ketikkan tidak kurang dari 15 Digit Solusi untuk mengatasi error ini a dalah : pastikan No NPWP Pemotong sudah 15 digit dan pastikan juga nomor NPWP semuanya berbentuk angka.

Kenapa NPWP tidak ditemukan saat menginput Bukti Potong (SPT 1770S Lampiran 1-C) ? Penyebab error ini adalah NPWP pada bagian bukti potong belum ada dalam sistem efiling Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah : Pastikan no NPWP sudah benar dan berjumlah 15 digit dalam bentuk Angka.

Muncul Pesan Jumlah Penghasilan Bruto Anda (Penjumlahan angka 1, 8 dan 10) penyebab masalah ini adalah 1770SS tidak bisa digunakan untuk Wajib Pajak yang memiliki penghasilan bruto lebih dari Rp60.000.000,00 solusi untuk memperbaiki masalah ini Silakan menggunakan SPT Tahunan Orang Pribadi 1770 atau 1770S

ERROR 405 efiling error ini muncul disebabkan Wajib Pajak dikarenakan status NPWPnya blm disutujui Solusi nya pastikan NPWP Anda sudah aktif

Muncul Processing secara terus menerus saat menyimpan kolom isian SPT hal ini disebabkan karena Data yang Anda isi belum lengkap solusi mengatasi error ini adalah Cek kembali isian SPT. Apabila Anda mengambil data harta/utang/daftar keluarga, mohon pastikan tidak ada kolom sudah terisi semua.

Muncul Aktivasi WP NE tidak berhasil pada saat mengirim SPT, hal ini disebabkan Sistem efiling gagal melakukan aktivasi NE. cobalah ulangi kembali.

Request Token tidak berhasil, silahkan  ulangi kembali atau periksa data SPT Anda saat melakukan proses mengirim SPT, hal ini disebabkan Token tidak terkirim ke email Solusi mengatasi error ini adalah Cek isian data sesuai dengan penyelesaian pada bagian Kode error simpan SPT atau Cek email pada aplikasi DJP Online yang bisa Anda lihat pada menu profil.

Cara Mengatasi BPS sebelumnya belum ada pada efiling, hal ini disebabkan WP mengirimkan SPT tidak sesuai urutan status, solusi mengatasi error ini adalah WP harus mengirimkan SPT dengan status Normal (pembetulan 0)

Kenapa muncul pesan error “BPS sudah ada “ ? WP memastikan SPT belum pernah dikirim (melalui channel apapun ) atau Anda bisa melaporkan Lapor ke Kring Pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *