Semakin sering Anda menggunakan Flashdisk pada perangkat yang berbeda, semakin besar kemungkinan timbulnya masalah, seperti kerusakan Flashdisk korup, flashdisk tidak terdeteksi, flashdisk minta format, muncul pesan The USB Device Can Be Recognized dan indikasi kerusakan lainnya.

Tapi Anda jangan kuatir, sebagian besar pengguna flashdisk dapat memperbaiki masalah ini sendiri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

1. Periksa dan Perbaiki Kesalahan Flashdisk Menggunakan Utilitas Bawaan Windows

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan logika, jika saat flashdisk dihubungkan muncul notifikasi format abaikan notifikasi tersebut. Secara teoritis, metode dibawah ini tidak akan menyebabkan kehilangan data.

  • Hubungkan USB ke PC Anda
  • Buka CMD dengan Administrator
  • Pada CMD ketikkan perintah :

chkdsk /X /f G:

Catatan : ganti huruf G dengan huruf flashdisk yang terdeteksi di komputer Anda, untuk informasi huruf , Anda bisa lihat pada disk management.

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika cara diatas belum berhasil, kemungkinan besar ada masalah pada system file flashdisk Anda, untuk itu Anda memerlukan bantuak aplikasi pihak ketiga, disini saya akan menggunakan aplikasi Easus .

  • Pilih flashdisk dan tunggu proses perbaikan, dan setelah proses selesai, klik tombol “View” untuk memeriksa drive.
image from uasus

3. Lakukan Format Ulang

Jika kedua cara diatas juga belum berhasil, saya sangat menyarankan untuk melakukan format ulang, dan tentu saja Anda akan kehilangan data yang ada pada flashdisk. Tapi Anda dapat mengembalikan data yang hilang tersebut menggunakan tools atau aplikasi recovery, termasuk Aplikasi Easus pada point kedua.

4. Perbaikan untuk Flashdisk yang tidak terdeteksi

Jika flashdisk Anda sama sekali tidak terdeteksi, cara perbaikannya sudah kami bahas pada artikel sebelumnya pada link dibawah ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here