Saat ini fitur teknologi GPS (Global Positioning System) pada ponsel Android sangat berfungsi dalam menunjang aktifitas kita sehari-hari.  Saat Anda mengalami masalah error dengan GPS Anda, seperti GPS tidak dapat berfungsi sama sekali atau GPS menunjukkan lokasi yang salah. Berikut ini adalah solusi untuk memperbaiki masalah error GPS disemua ponsel Android :

Solusi 1: Refresh GPS

Cara termudah dan tercepat untuk menyelesaikan masalah pada GPS di ponsel android Anda adalah dengan merefresh GPS . Caranya : Anda dapat menghidupkan atau mematikan GPS dari notifikasi telepon Anda. Nonaktifkan dan tunggu setidaknya 5 detik kemudian Aktifkan kembali GPS .

Coba cek apakah GPS Anda sudah bisa ? jika belum Anda bisa menerapkan cara alternatif lain yaitu dengan mengaktifkan Airplane mode tunggu sekitar 5 detik kemudian aktifkan kembali.

Solusi 2: Matikan “Mode Hemat Daya”

Jika Anda sering menggunakan fitur “Mode Hemat Daya” untuk menghemat baterai , ada kemungkinan ponsel Anda menonaktifkan fungsi GPS. Karena GPS salah satu fitur di fitur Android yang cukup banyak mengkonsumsi baterai. Jadi Pastikan “Mode Hemat Daya” di ponsel Anda dalam keadaan non aktif.

Solusi 3: Periksa Pengaturan GPS

Pengaturan GPS ponsel Anda dapat menyebabkan banyak perbedaan dalam kalibrasi lokasi Anda. Namun, ini hanya akan terjadi ketika  sebelumnya Anda telah merubah  pengaturan yang kurang  tepat. Untuk memeriksa pengaturan GPS telepon Anda, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka menu pengaturan
  • Cari “Lokasi”
  • Pada “Mode Lokasi” pilih akurasi tinggi.

Di sini Anda akan melihat bahwa ada tiga pengaturan berbeda yang tersedia di bawah Mode. Tergantung pada pengaturan yang Anda pilih, GPS Anda dapat memberikan lokasi yang paling akurat. Anda harus memilih opsi “Akurasi Tinggi” karena dua opsi lain akan membatasi GPS Anda sehingga bisa menyebabkan GPS error dan akurasi lokasi yang tidak tepat.

Solusi 4: Perbarui dan hapus data & cache Aplikasi “Google Maps”

Jika sebelumnya Anda telah menunda pembaruan untuk jangka waktu yang cukup lama pada aplikasi google maps, ada kemungkinan maps ponsel sudah usang yang mungkin menyebabkan error dalam mengidentifikasi lokasi secara akurat. Update Aplikasi Google Maps diperangkat Android Anda untuk memastikan GPS berfungsi dengan baik.

Jika Google Maps sudah di update tapi error tetap terjadi hapus Data & Cache pada Aplikasi Google Maps terlebih dahulu dengan cara : Pengaturan > Aplikasi > Google Maps > Force Stops > Hapus Cache & Data.

Solusi 5 : Gunakan Aplikasi Perbaikan GPS

Pada artikel sebelumnya kami sudah pernah membahas sebuah aplikasi perbaikan GPS. Anda bisa membaca artikel nya disini .

Solusi 6 : Lakukan Reset Factory jika dengan semua cara diatas GPS Anda tetap error

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here