Cara Memperbaiki Low Disk Space dan Menambah Kapasitas Hardisk di Windows 7,8 dan 10

Pernahkah Anda mendapatkan pesan “ Low Disk Space” atau tiba-tiba saja kapasitas atau space hardisk Anda terisi penuh ? padahal Anda merasa tidak ada menginstal program dan data yang begitu banyak ? Jika Anda sedang mengalami masalah ini, pada artikel kali ini bacolah.com akan berbagi tips kepada Anda, bagaimana cara mengatasi hardisk komputer yang tiba-tiba penuh atau “low Disk Space” . Cara mengatasi Low disk space ini tidak begitu rumit, karena kita akan menggunakan sebuah aplikasi atau program yang akan bekerja secara otomatis pada windows 7, 8 dan windows 10.

Berikut adalah daftar Aplikasi Disk Space Analyzer gratis untuk menganalisa, mengatasi masalah low disk space & memeriksa ruang disk pada komputer Windows Anda.

1] SpaceSniffer

SpaceSniffer adalah aplikasi windows gratis yang berfungsi untuk mencari tau dan memperbaiki di mana space hardisk Anda tiba-tiba penuh. Gambaran pertama ketika kita membuka aplikasi ini mungkin terlihat berantakan , namun bila Anda amati akan cukup mudah dimengerti. Aplikasi ini akan menampilkan sebuah Treemap tentang bagaimana file dan folder apa saja yang  menggunakan space hardisk yang besar. Aplikasi ini berjalan secara portabel, Anda tidak usah melakukan proses installasi , cukup download dan jalankan aplikasi SpaceSniffer

Download Aplikasi SpaceSniffer disini

2] Saleen File Pro

Saleen File Pro adalah aplikasi gratis yang dirancang untuk manipulasi hardisk secara profesional. Alat ini menganalisis disk pada PC/ Laptop Windows Anda. Setelah aplikasi ini terinstal, secara otomatis Saleen File akan memindai drive C: pada PC/laptop  Anda dan akan menghasilkan laporan dalam beberapa menit. Laporan ini ditampilkan dengan ikhtisar sederhana sehingga dapat menjelaskan tentang file dan folder yang mengkonsumsi bagian besar dari disk Anda.

Download Aplikasi Saleen File disini

3] Disk Savvy

Disk Savvy menganalisis hardisk dan direktori pada PC/Laptop Anda dan memungkinkan Anda untuk memahami file dan folder mana yang banyak memakan space pada hardisk. Selanjutnya, Anda juga dapat menghapus file, memindahkannya atau membuat grup dan direktori. Ada versi gratis serta versi berbayar  untuk Disk Savvy.

Download Aplikasi Disk Savvy disini

4] WinDirStat

Aplikasi ini dilengkapi dengan antarmuka yang sangat sederhana. Anda hanya perlu mendownloadnya, simpan file dan instal program ini. Setelah terinstal, program akan diluncurkan secara otomatis dan mulai memindai direktori PC/Laptop Anda yang sudah dipilih sebelumnya. Setelah pemindaian selesai, Anda bisa menghapus file hanya dengan menekan tab ‘Cleanup’ di menu ribbon.

Download Aplikasi WinDirStat disini

5] Better Directory Analyzer

Better Directory Analyzer adalah alat gratis yang membantu Anda menemukan file duplikat yang tersimpan di hard drive Anda dan memerikasa file atau folder mana saja  yang banyak memakai space pada hardisk Anda, dan fitur lainnya. Dengan aplikasi gratis ini, Anda dapat memindai hard disk Anda dan memeriksa file dan folder. Seperti kebanyakan aplikasi yang disebutkan di atas, Better Directory Analyzer juga hadir dengan tata letak dan antarmuka yang sederhana.

Download Aplikasi Better Directory Analyzer disini

6] Disk Space Fan

Disk Space Fan akan memeriksa hardisk  dan menganalisisnya pada perspektif yang berbeda. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi di mana hardisk yang yang banyak memakan space dan juga membantu Anda untuk menghapus file dan folder yang tidak berguna. Seperti namanya aplikasi ini menampilkan laporan berupa kipas yang cukup mudah dimengerti. Secara keseluruhan, ini adalah alat yang bagus dan berguna untuk memeriksa ruang disk dan menavigasi folder yang banyak memakan ruang hardisk

Download Aplikasi Disk Space Fan disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *