Cara Memperbaiki GPS yang Tidak Akurat di Semua Tipe Ponsel Android

0

Apakah Anda pernah mengalami masalah akurasi pada ponsel Android Anda. Sesuai fungsinya pada dasarnya GPS, mampu mengetahui dengan akurat di mana Anda berada. Tetapi, pada faktanya teknologi yang paling berguna di ponsel ini pun bisa saja gagal dalam memberikan informasi lokasi yang tepat atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Bahkan belakangan ini banyak kita mendengar orang tersesat karena mengikuti arah dari GPS. Jika saat ini Anda juga sedang mengalami masalah akurasi GPS yang tidak tepat, berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki agar GPS akurat.

1. Periksa Koneksi Internet Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan kalau koneksi internet di ponsel Anda sudah aktif dan stabil. Karena pada beberapa aplikasi, seperti Google Maps, mengharuskan kita untuk mengaktifkan koneksi internet agar GPS berjalan lebih akurat. Masalah GPS pada ponsel Android yang tidak berfungsi mungkin muncul jika Anda berada pada jangkauan jaringan internet rendah. Seperti saat Anda melakukan perjalanan, kadang saat memasuki daerah hutan dan gunung dimana sinyal yang putus.

Untuk mengatasi masalah ini , Anda bisa menggunakan Google Maps Offline.

2. Ubah Pengaturan Akurasi GPS Menjadi Akurasi Tinggi

Di Ponsel Android Anda dapat melakukan pengaturan tingkat akurasi android dengan pergi ke menu :

  • Buka menu Settings
  • Cari Locations
  • Kemudian pilih Advanced Settings Aktifkan Wifi Scanning dan Bluetooth Scanning.

3. Restart Ponsel Android Anda

Solusi ketiga ini, cobala untuk merestart ponsel Android Anda, dan coba lagi. Apakah ada perubahan ? Karena dengan merestart sistem android akan melakukan perbaikan secara otomatis.

4. Update Ponsel dan Aplikasi

Selanjutnya lakukan update pada ponsel Anda dan jangan lupa untuk melakukan update pada aplikasi juga. Terlebih aplikasi google maps pastikan Anda sudah menggunakan versi terbaru.

5. Non Aktifkan Aplikasi Penghemat Baterai

Jika Anda menggunakan aplikasi penghemat baterai, kemungkinan besar disinilah penyebabnya mengapa GPS Anda tidak akurat. Karena GPS termasuk salah satu yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai, oleh sebab itu aplikasi penghemat baterai mengurangi akurasinya agar lebih hemat baterai.

Saran saya, nonaktifkan saja aplikasi penghemat baterai ini, dibanding Anda harus tersesat karena GPS yang tidak akurat.


6. Gunakan Aplikasi Diagnosis GPS

Untuk penggunaan aplikasi diagnosis GPS ini sudah kami bahas pada artikel sebelumnya tentang “Cara Memperbaiki GPS Error disemua ponsel Android”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here